Rabu, 06 Maret 2013

TNI Siapkan Perpustakaan Keliling di Wilayah Perbatasan


Selasa, 05 Maret 2013, 22:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, berencana menggelar perpustakaan keliling di wilayah perbatasan.''Kegiatan ini sebagai salah satu misi TNI AD penjaga perbatasan dalam mencerdaskan masyarakat di wilayah perbatasan,'' ungkap Komandan Satgas Pamtas Batalion 407 Padmakusuma di Kabupaten Nunukan, Mayor Inf Ari Aryanto, di Nunukan, Selasa.

Perpustakaan keliling yang akan digelar itu tidak sebatas mengunjungi masyarakat yang berdomisili di wilayah perbatasan. Mereka juga akan mengunjungi sekolah-sekolah dengan menggunakan kendaraan truk milik TNI AD."Jadi, perpustakaan keliling ini sebagai bagian dari misi dalam menjaga perbatasan yakni ikut mencerdaskan masyarakat," ujar Ari Aryanto.

Adapun buku-buku yang akan disiapkan, lanjut dia, berupa bacaan yang akan dipinjam pada sejumlah instansi atau perpustakaan Kabupaten Nunukan. Kegiatan pagelaran perpustakaan keliling ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat sebelum masa tugas menjaga perbatasan berakhir."Kami akan laksanakan selama dua bulan masa tugas berakhir di sini," ujarnya.

Ari juga menerangkan bahwa rencana pengadaan perpustakanaan keliling telah diprogramkan sejak awal sebelum mereka melaksanakan tugas menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan.Rencana itu merupakan rencana yang belum terealisasikan.''Program perpustakaan keliling itu berkaitan pula dengan keberadaan prajurit TNI AD yang menjalankan tugas mengajar membantu guru-guru di sejumlah sekolah di wilayah perbatasan saat ini,'' ujarnya.Redaktur : Didi Purwadi Sumber : www.republika.com