Kamis, 21 Maret 2013

Mabes TNI Perkuat Perbatasan Kalimantan-Sabah



Rabu, 20 Maret 2013 15:04 WIB

JAKARTA, Jaringnews.com - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiatoro berkoordinasi dengan Markas Besar TNI agar mengamankan perbatasan Kalimantan dan Sabah Malaysia. Ini menyusul di sana ada perang perebutan kekuasaan antara Malaysia dan Filipina.

Purnomo mengatakan perbatasan Indonesia dan Malaysia berjarak 150 km. Dia sudah meminta kepada petugas perbatasan wilayah agar tidak kebocoran terkena imbas konflik.

"Konflik Sabah perlu dijelaskan, jarak kita dengan perbatasan Malaysia 150 km. Kita juga sudah lakukan kordinasi dengan Mabes TNI. Yang pasti jangan ada sampai 1 kebocoran. Kita sudah perkuat dengan aparat kita supaya tidak terjadi rembesan-rembesan," jelas Purnomo di Jakarta Convention Centre Jakarta, Rabu (20/3).

Purnomo memberikan saran agar konflik tersebut diselesaikan dengan jalur perundingan. Maka itu Purnomo berencana akan bertemu Menteri Pertahanan Malaysia dalam waktu dekat. "Dan Malaysia dan Filipina sebaiknya menyelesaikan dengan cara baik diplomatik. Saya sendiri akan bertemu dengan teman saya Menhan Malaysia," jelas dia.

Sebelumnya Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam VI) Mulawarman memerintahkan sebanyak 1.560 personel pasukan TNI ditempatkan di pos-pos wilayah perbatasan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya pihak-pihak luar terkait konflik antara Malaysia dan pasukan Kerajaan Sulu, Filipina.