Senin, 25 Maret 2013

Hubungan Kodim-Polres Terus Dipererat



24 Maret 2013 | 13:55 wib

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Konflik dan pergesekan antara aparat TNI dengan Polri di beberapa daerah memunculkan keprihatinan tersendiri. Untuk mengantisipasi konflik dua lembaga aparat negara tersebut, Kodim 0708/Purworejo terus berupaya mencari terobosan untuk menciptakan harmoni hubungan yang produktif dan saling menunjang tugas masing-masing lembaga.

Salah satu yang ditempuh Komandan Kodim (Dandim) 0708/Purworejo Letkol Inf Arry Sundoro adalah menyelenggarakan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Prajurit Kodim 0708/Purworejo yang dipusatkan di gedung Satlantas Polres Purworejo. "Kegiatan Latnister ini menjadi momentum untuk mengharmonikan hubungan antara TNI dengan Polisi di Kabupaten Purworejo. Hubungan kami sangat baik, kerjasama sinergis, dan saling menopang," ujar Dandim dibenarkan Kapolres Purworejo AKBP M Taslim Chairuddin SIK MH di depan ratusan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Dalam Latnister tersebut, Kapolres juga memberikan materi tentang peningkatan skil Babinsa di mana anggotanya Babinkamtibmas di setiap Polsek juga akan diinstruksikan untuk menjalin komunikasi yang intensif dengan Babinsa di masing-masing desa.

Para anggota Babinsa juga dibekali materi dari Kantor Kesbangpolinmas, Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo, serta Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP). "Materi dari berbagai lembaga tersebut akan menunjang tugas-tugas yang dilaksanakan Babinsa dalam pembinaan desa," katanya.

Ditambahkan Dandim, secara keseluruhan Latnister tersebut untuk meningkatkan pengetahuan kemiliteran, pengetahuan komunikasi sosial, aplikasi Bin Wanra, termasuk pengetahuan tentang deteksi dini potensi bencana serta langkah langkah tanggap darurat. ( Nur Kholiq / CN33 / JBSM ) Sumber:www.suaramerdeka.com