Kamis, 28 Maret 2013

POM TNI AD Gerebek Gudang Penimbunan BBM di Pekanbaru

Rabu, 27/03/2013 17:55 WIB
Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Pekanbaru - POM TNI AD menggerebek gudang penimbunan BBM di Pekanbaru, Riau. Ditemukan, belasan drum berisi solar bersubsidi. Penggerebekan ini dilakukan di jalan Garuda Sakti kawasan Panam, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Rabu (27/3/2013). Ada dua unit mobil tangki Pertamina di lokasi. Mobil itu mengalirkan solar ke drum-drum.

Penggerebekan sempat diwarnai kericuhan. Seorang remaja menghalangi-halangi sambil marah-marah tak tentu arah. Ia juga mengajak petugas berkelahi. Ketika beberapa anggota POM lainnya mendatanginya, remaja ini lari ke dalam rumah tak jauh dari lokasi penimbunan BBM. Remaja yang tak diketahui identitasnya itu ditangkap. Dia diborgol dan diamankan. Dua mobil tangki di gudang juga disita.

Komandan POM TNI AD Pekanbaru Mayor D Siagan, mengatakan, pihaknya menemukan 1,6 ton BBM solar, dan 6 ton jenis minyak mentah. "Awalnya kita menduga gudang tersebut milik anggota TNI. Ternyata setelah kita sidik, milik sipil berinisial AL," kata Siagian.

Dua mobil tangki masuk seolah-olah hendak dicuci. Di lokasi itu memang ada tempat cucian mobil. "Ternyata mobil kencing di gudang. Padahal seharusnya mobil ini harus mengisi ke SPBU," kata Siagian. "AL mengaku sebagai pemilik. Kita masih menelusuri apakah benar miliknya atau milik oknum TNI sebagai bekingnya. Jika hasilnya nanti tidak ada keterlibatan oknum TNI, nanti kasus ini kita serahkan ke pihak kepolisian," papar Siagian.

Humas Pertamina Wilayah I Sumbagut, Sonny Miratz ketika dihubungi terpisah, menyampaikan terimakasih kepada pihak POM TNI AD Pekanbaru yang telah berhasil mengungkap penimbunan tersebut. "Jika diperlukan, kami dari pihak Pertamina siap berkoordinasi," kata Sonny kepada detikcom. (cha/try)Sumber:news.detik.com