Senin, 25 Maret 2013

Markas Koramil Pasarkliwon Segera Dipindah



 22 Maret 2013 | 23:05 wib

SOLO, Suaramerdeka.com – Markas Koramil 05 Kodim 0735/Surakarta yang berada di Kelurahan Sangkrah, Pasarkliwon akan segera dipindah. Disamping sering kebanjiran, kondisi bangunan itu tampak memperihatinkan. Komandan Koramil 05/Pasarkliwon, Kapten (Inf) Supardi mengatakan, letak markas sekarang yang berada di pinggir Kali Pepe atau Jalan Indragiri itu, dinilai sudah tidak layak. Tidak hanya sering kebanjiran karena terkena dampak luapan air Bengawan Solo saat terjadi hujan deras. Namun kondisi bangunan yang berdiri sejak 1978 itu, belum pernah direnovasi. “Untuk lebih meningkatkan pelayanan pada warga di Pasarkliwon tersebut, markas harus dipindahkan,” papar dia, Jumat (22/3).

Dikatakan Supardi, saat ini sudah ditawarkan lahan oleh pihak Kecamatan Pasarkliwon di sekitar Pasar Klithikan, Kelurahan Semanggi. Namun sayangnya masih belum mendapat kejelasan, karena belum ada kesepakatan antara Departemen Pertahanan (Dephan) selaku pihak yang mempunyai lahan dan Pemkot. Di lahan itu menurutnya trategis sehingga memudahkan pelayanan pada warga. “Semoga dalam waktu dekat dapat kejelasan. Kami terus koordinasi dengan kecamatan,” terang dia.

Komandan Kodim 0735/Surakarta, Letkol (Inf) Ujang Darwis membenarkan, jika ditargetkan pada tahun ini giliran markas  Koramil 05/Pasarkliwon dapat direnovasi. Namun untuk memaksimalkan, lebih baik lokasi markas dipindahkan. Karena markas yang berada di pinggir Kali Pepe tersebut sering kebanjiran, sehingga sangat mengganggu petugas yang piket. “Kami mendorong renovasi semua markas petugas. Kami bersama-sama Pemkot dan warga sekitar untuk turut membantunya,” akunya.

Dia menambahkan, untuk saat ini dari lima markas Koramil yang dimilik Kodim 0735/Surakarta, baru tiga yang direnovasi. Yakni di Kecamatan Laweyan, Banjarsari dan Jebres yang sebentar lagi akan diresmikan karena selesai direnovasi. Selama ini, renovasi yang dilakukan dibantu oleh Pemkot dan swadaya anggaran dari warga di kecamatan sekitar. “Sementara pada tahun ini giliran Koramil di Pasarkliwon kami usahakan direnovasi. Kemudian setelah itu, baru di Serengan,” harap Ujang. (Asep Abdullah / CN34 / JBSM) Sumber: www.suaramerdeka.com