Senin, 25 Maret 2013

TNI Gembleng Ribuan Pelajar Bela Negara


25 Maret 2013 | 05:49 wib

MAGELANG, suaramerdeka.com - Kodim 0705/Magelang menggembleng ribuan pelajar di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dengan pengetahuan dan kemampuan bela negara. Sekitar 2.000 siswa mulai SD/MI sampai SMA/MA mengikuti acara ini. Uniknya, sosialisasi lima unsur bela negara ini tidak dilakukan di dalam ruangan melainkan di lapangan Klangon,  Lapangan Klangon, Kecamatan Sawangan.

Para personil TNI dari Kodim 0705/Magelang menggunakan permainan dan berbagai atraksi bela negara. Seperti mengendari sepeda motor dan mobil dengan mata tertutup rapat. Mereka juga memeragakan pemanfaatan otak tengah untuk menebak warna bendera. Sejumlah siswa bahkan sempat diberi kesempatan untuk mengetes kemampuan personel TNI dengan mata ditutup kain dan ember hitam. "Ini adalah penerapan dari ilmu dan pengetahuan. Karena itu setiap pelajar harus pandai. Agar pandai maka harus giat belajar," kata Komandan Koramil Sawangan Kapten (Inf) Purwadi di sela-sela kegiatan.

Kapten Purwadi menjelaskan ada lima unsur bela negara yakni cinta Tanah Air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara. Ditegaskan untuk bisa melakukan aksi bela negara maka setiap warga negara harus memiliki badan dan jiwa yang sehat, dan pintar. "Untuk itu pelajar harus mau belajar," tegas dia.

Dalam kesempatan ini, kata dia, Kodim 0705/Magelang juga menyosialisasikan empat pilar berbangsa dan bernegara. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat pilar itu dinilai semakin terkikis derasnya arus globalisasi yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. "Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta kasih sayang sesama manusia. Sasaran kami adalah pelajar karena mereka merupakan generasi masa depan kita," kata dia. ( MH Habib Shaleh / CN26 / JBSM ) Sumber:www.suaramerdeka.com