Kamis, 21 Maret 2013

TNI tak bergejolak, Tb Hasanuddin tak yakin ada kudeta



Rabu, 20 Maret 2013 13:49:39

Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin mempertanyakan isu kudeta pada tanggal 25 Maret 2013 mendatang yang dikhawatirkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia yakin hal itu hanya kabar burung, meskipun sumber informasi berasal dari intelijen negara. "Sampai saat ini kita semua tak yakin siapa yang akan melakukan kudeta," kata Hasanuddin di gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).

Mengacu dari pengalaman kudeta di seluruh dunia, Hasanuddin mengatakan, kudeta biasanya lebih efektif bila dilakukan aparat bersenjata. Menurut Politikus PDI Perjuangan itu, sampai detik inipun belum ada tanda-tanda gejolak dari aparat TNI untuk melakukan pembangkangan.

"Lalu apakah ada tanda-tanda atau sinyal TNI akan melakukan kudeta? Menurut hemat saya sangat tidak mungkin," lanjut Hasanuddin. Apalagi, sambung dia, para panglima dan jajaran teras TNI dipegang oleh orang-orang kepercayaan Presiden SBY.

Kendati demikian, dia tak menampik adanya sekelompok orang yang menginginkan agar SBY mundur dari jabatannya sebelum purna tugas pada 2014 mendatang. "Tapi isu itu hanya berkembang di sekitar elite tertentu dengan motivasi yang berbeda-beda," katanya.

Selain itu, Hasanuddin menuding isu kudeta hanya untuk mengalihkan perhatian publik terkait permasalahan korupsi yang saat ini menggurita di tubuh partai Demokrat seperti kasus Hambalang misalnya.

"Bisa jadi isu itu didesain untuk tujuan tertentu, untuk mengalihkan isu agar publik tak terlalu fokus pada isu korupsi Hambalang yang mulai menggurita ke mana-mana menyentuh elit tertentu," pungkas mantan Sekretaris Militer Presiden Megawati ini.