Senin, 25 Maret 2013

Oknum TNI Pembunuh Juragan Besi, Ditangkap



24 Maret 2013, 19:33:42 | Laporan Fatkhurohman Taufik

suarasurabaya.net - Polisi berhasil menangkap Pembantu Letnan Dua (Pelda) Ed (42) seorang anggota TNI aktif yang berdinas di Denpom V/4 Brawijaya. Dia dinyatakan terlibat dalam pembunuhan kejam terhadap Rudy Gunawan, pengusaha besi, warga Manyar Kertoarjo III Surabaya.

Kolonel (Arm) Totok Sugiharto Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) V Brawijaya pada Rangga Umara, reporter Suara Surabaya, membenarkan, Pelda Ed ditangkap pihak kepolisian, terkait pembunuhan itu. "Benar dia adalah anggota Denpom V Brawijaya. Yang bersangkutan atas nama Pelda Ed dan kini sudah diserahkan oleh kepolisian Polrestabes Surabaya pada kami. Kami masih belum tahu motif kejadiannya, kita masih lakukan penyelidikan terkait kasus ini," kata Totok. Menurut dia, Pelda Ed saat ini masih menjalani pemeriksaan di kantor Denpom.

Selain itu, polisi juga menangkap AR (54), warga sipil yang bertempat tinggal di Jl. Banyu Urip Jaya I/45. AR adalah saudara ipar dari Pelda Ed. Ed memang pernah tinggal di rumah itu selama beberapa waktu, sebelum sekarang bersama istrinya menempati asrama Denpom V/4 Brawijaya.

AKP Agung Pribadi, Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, menceritakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pembunuhan dilakukan oleh Pelda Ed di rumahnya. Ed juga mengaku dibantu oleh AR saudara iparnya. "Tetapi, AR tidak ikut melakukan pembunuhan. Dia hanya ikut mengubur jenazah korban di halaman belakang rumah. Kami juga belum tahu mengapa AR mau membantu penguburan itu. Kami juga masih mendalami motif pembunuhan,“ jelas Agung.

Motif pembunuhan Rudy Gunawan ini memang masih buram. Menurut seorang penyidik Polri, Rudy dan Pelda Ed sebenarnya berkawan baik. Mereka sering bekerja sama soal bisnis besi. Bahkan Michelle istri Rudy yang sekarang sedang hamil tua, juga ikut mengenal Pelda Ed dan keluarganya. Michelle sendiri seperti yang pernah dikatakan Ling-ling, mertua Rudy pada suara surabaya, juga sempat menghubungi Ed, dihari Rudy mulai hilang, (15/3/2013). Michelle menanyakan apakah dia sempat bertemu suaminya, yang dijawab tidak oleh Ed.

Seperti diberitakan, Rudy Gunawan mulai hilang, tidak kembali ke rumahnya setelah mobil yang dikendarainya, Toyota Avanza L 1678 PG ditemukan terparkir tanpa pengemudi di depan Jl. Tambak Langon nomor 20 (15/3/2013). Rudy ternyata menjadi korban pembunuhan. Jenazahnya ditemukan terkubur di halaman belakang rumah di Jl Banyu Urip Jaya I/45 Surabaya, dalam kondisi mengenaskan. (ran/fik) Sumber: kelanakota.suarasurabaya.net