Rabu, 27 Maret 2013

TNI Pamerkan Kebudayaan Indonesia di Lebanon

Lebanon, Pelita, Penampilan tarian dan musik kebudayaan Indonesia, seperti Tari Pendet, Reog, dan Angklung yang dipamerkan oleh prajurit TNI yang tergabung dalam Sat­gas Batalyon Mekanis TNI Kontin­gen Garuda XXM-G/UNIFIL atau Indonesian Battalyon (Indobatt) memukau ratusan penonton yang hadir pada acara Country Presen-tation di Lebanon Selatan, Senin (25/3) malam.

Pagelaran seni dan kebudayaan dari masing-masing Kontin­gen yang berada dibawah Sektor Timur, sudah menjadi acara ru­tin yang digelar oleh UNIFIL (Unit­ed Nations Interim Force Jn Leba­non) setiap tahunnya.

Pada acara Country Presen-tation, Indonesia melalui Satgas Indobatt Konga XXIII-G/UNIFIL yang dikendalikan oleh Mayor Inf Lucky Avianto selaku Koman­dan Satgas menyajikan bebera­pa seni tari dan alat musik Ang­klung. Satgas Indobatt menyajikan Tari Pendet asal Bali yang dib­awakan oleh Sertu Dessi sebagai pengiring kedatangan Komandan Sektor Timur Brigjen Teodoros Alonso beserta para pejabat ter­as lainnya menuju tempat duduk yang sudah disiapkan, acara di­buka oleh Wakil Komandan Sek­tor Timur Kolonel Inf Rizerius, E HS yang mewakili dari Indonesia.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan tentang Indonesia dan kekayaan budayanya yang disam­paikan oleh Lettu Inf Dian Desstyawan yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira LO (Liaison Officer) di Sektor Timur. Dalam pa­parannya antara lain dijelaskan tentang letak geografis Indonesia, dasar negara dan lagu kebang-saan, serta kekayaan budaya In­donesia baik itu Kesenian Tari, Kekayaan Batik Indonesia, Song­ket, Alat Musik Tradisional serta Kekayaan Alam dan Pariwisata. Tidak lupa pula dijelaskan secara singkat tentang sejarah terben­tuknya TNI hingga saat ini. (ay)Sumber : Pelita hal.16, Kamis 27 Maret 2013.