Rabu, 27 Maret 2013

Kodam I/BB Laksanakan Renang Militer

Hari ini, 27 Mar 2013 02:25 WIB

Medan, (Analisa). Dalam rangka pembinaan fisik dan postur tubuh, prajurit Kodam I/BB melaksanakan renang militer di Kolam Renang Tirta Kartika Jalan Gaperta, Selasa (26/3).

Renang militer, kata Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan yang harus dimiliki setiap prajurit mulai tingkat dasar sampai lanjutan.

Keterampilan dan ketangkasan ini juga merupakan tuntutan dan salah satu program kebijakan TNI AD dalam membentuk postur tubuh prajurit yang harmonis. Sebelum pelaksanaan renang militer, setiap prajurit harus terlebih dahulu melakukan pemanasan yang cukup mulai dari peregangan dan penguatan otot kaki, tangan hingga perut.

Tujuannya agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi cedera yang mengakibatkan jatuhnya korban. Pelaksanaan renang militer ini, lanjut Pangdam I/BB, diawali dari renang mengenakan pakaian renang biasa dan dilanjutkan dengan renang mengenakan pakaian militer yang diteruskan menggunakan perlengkapan senjata dan helm.

Renang dasar militer ini juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi setiap prajurit untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP) maupun jabatan dan bagi mereka yang akan melaksanakan pendidikan lanjutan. (wan) Sumber:www.analisadaily.com