Rabu, 27 Maret 2013

TNI Tampilkan Ragam Kesenian Indonesia di Lebanon



Penulis : Ratih Prahesti Sudarsono | Selasa, 26 Maret 2013 | 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para prajurit TNI yang bergabung dalam Satuan Tugas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII- G/UNIFIL atau Indonesia Battalyon (Indobatt) menampilkam berbagai kesenian Indonesia dalam Country Presentation di Lebanon Selatan.

Ratusan prajurit tentara negara lain dan penduduk setempat menikmati penampilan mereka. Dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI, Selasa (26/3/2013), dijelaskan, pergelaran kesenian tersebut merupakan acara rutin tahunan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon).

Pada tahun ini dilaksanakan pada Senin lalu, dengan antara lain menampilkan Tari Pendet Bali, Reog Ponorogo, dan musik angklung Jawa Barat. Menurut Komandan Satgas Indobatt Kongga XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Lucky Avianto, dihadiri masyarakat sipil setempat, para prajurit negara lain yang juga bertugas di Lebanon, serta para pejabat tinggi militer Sektor Timur, antara lain Komandan Sektor Timur Brigjen Teodoros Alonso dan wakilnya, Kolonel Inf Rizerius.

Tari Pendet dibawakan Sersan Satu Dessi, saat mengiringi para pejabat teras militer menuju tempat duduk yang disediakan. "Para pejabat tersebut akhirnya berdiri berbaur dengan penonton lainnya sampai acara selesai," kata Lucky.

Pada acara tersebut dipaparkan pula tentang  Indonesia dan kekayaan alam budayanya oleh perwira petugas penghubung di Sektor Timur Lettu Inf Dian Desstyawan. Dalam paparannya itu antara lain dijelaskan letak geografis Indonesia, dasar negara, lagu kebangsaan, serta kekayaan budaya, dan destinasi pariwisatanya.

Mayor Inf Lucky Avianto menambahkan, tidak lupa pula dipaparkan tentang secara singkat sejarah terbentuknya TNI dan perkembangannya hingga saat ini, serta pengenalan alat utama sistem persenjataan produksi putra-putri Indonesia, yang sekaligus juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi oleh Kontingen Garuda.Sumber:nasional.kompas.com