Rabu, 27 Maret 2013

Komnas HAM Selidiki Penyerbuan LP Sleman Oleh 'Pasukan Terlatih'



Selasa, 26/03/2013 14:04 WIB
Edzan Rahardjo - detikNews

Yogyakarta - Komnas HAM ikut turun dalam penyelidikan LP Cebongan, Sleman oleh kelompok bersenjata. Mereka mengklarifikasi beragam informasi mengenai aksi brutal yang menewaskan 4 tahanan itu.

Tim terdiri dari Ketua Komnas HAM Siti Nurlaela, Plt Sub Komisi Biro Penegakan HAM Sriyana, dan dua penyelidik, Mimin dan Arif Setiabudi. Mereka berencana mengorek informasi dari pihak LP, kepolisian, TNI, Pemda, dan warga.

Ketua Komnas HAM Siti Nurlaela mengatakan, pihaknya mengklarifikasi informasi-informasi yang beredar sebelumnya. Data-data awal yang didapat baru sebatas penyerangan kelompok bersenjata yang menyebabkan 4 tahanan tewas. "Kami melakukan penyelidikan selama 4 hari. Kita kumpulkan informasi-informasi di lapangan," kata Siti saat akan masuk ke LP Cebongan, Selasa(26/3/2013).

Usai mengumpulkan informasi di lapangan, Komnas HAM akan melakukan analisa data dan rekonstruksi. Hasil akhirnya adalah rekomendasi. "Rekomendasi akan diberikan kepada siapa itu, tergantung dari hasil penyelidikan nanti," katanya.

LP Cebongan Sleman diserbu sekelompok orang, Sabtu (23/3) sekitar pukul 00.30 WIB. Pelaku membawa senpi dan granat serta memaksa masuk LP. Mereka mencari 4 tersangka pengeroyokan anggota Kopassus Sertu Santoso yang dititipkan di LP tersebut.

Empat tahanan yang jadi 'target' kelompok itu adalah Dicky Sahetapy, Dedi, Aldi, dan Johan. Mereka 'dieksekusi' kelompok besenjata tersebut. Belum diketahui siapa dan dari kelompok mana pelaku tindakan brutal tersebut.Sumber:www.detiknews.com