Jumat, 15 Maret 2013

TNI, Polri, dan Pemerintah Kecamatan Gotong Royong



15 Mar 2013 00:31 WIB

Balige, (Analisa). Anggota TNI, Polri, bersama pemerintah Kecamatan Balige, Kelurahan Pardede Onan dan Kelurahan Sakkarnihuta Kabupaten Toba Samosir, melakukan gotong-royang membersihkan parit di sekitar pinggiran jalan protokol Ibu Kota Kabupaten Toba Samosir, Kamis (14/3).

Kegiatan itu dilakukan dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan  mencegah timbulnya genangan air di sepanjang jalan protokol. Karena dalam beberapa pekan terakhir ini curah hujan tinggi di sekitaran wilayah Kecamatan Balige, sehingga akibatnya parit-parit di sepanjang jalan protokol ini mengalami penyumpatan.

Gotong royong ini dipimpin Camat Balige Sahala Siahaan, Kapolsek Balige, AKP Gibson Siagian, Lurah Pardede Onan dan Lurah Sakkarnihuta. Kegiatan gotong royong ini dilakukan mulai dari Kelurahan Pardede Onan dan kelurahan Sakkarnihuta dengan menggunakan Cangkul, Garpu dan beberapa lainnya.

Apabila aliran parit mengalami penyumpatan maka dapat mengakibatkan banjir,akibat hujan yang lebat oleh karena itu perlu dilaksanakannya kegiatan gotong royong untuk membersihkan parit  yang tersumbat itu. Guna upaya dalam memperbaiki sistem drainase di parit jalan protokol yang selama ini sudah kebanyakan tersumbat oleh tanah dan sampah.

Antusias anggota TNI, Kepolosian Polsek Balige dan pemerintah kecamatan dan kelurahan terlihat saling bahu membahu untuk melakukan pengerukan lumpur dalam mencegah terjadinya penyumpatan yang disebabkan oleh tanah dan sampah, maka diturunkan satu unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kabupaten Toba Samosir dalam kegiatan gotong royong ini, guna mendorong tanah dan sampah yang sumpat di dalam parit tersebut, sehingga aliran arus air di dalam parit tersebut lancar mengalir. Sumber : www.analisadaily.com