Senin, 18 Maret 2013

Peringati HUT Bekangdam III Siliwangi, Tanam 500 Pohon di Desa Padalarang



Sabtu, 16/03/2013 - 14:49

NGAMPRAH, (PRLM).- Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi menanam sekitar 500 pohon di Gunung Bentang, Kampung Lampegan RT 03/19 Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kab. Bandung Barat. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Perbekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) III/Siliwangi ke-64.  "Lahan di sini, bukan berarti gundul. Kami menambah jumlah pohon yang sudah ada" tutur Kepala Bekangdam III/Siliwangi Kolonel CBA Anton Yuniarto, saat dijumpai seusai acara, Sabtu (16/3/13).

Anton mengungkapkan, secara umum, kualitas lingkungan telah mengalami degradasi. Penyebabnya, banyak lahan hijau beralih fungsi menjadi perumahan atau sentra industri. Lantaran hal tersebut, untuk meminimalisasi dampak kerusakan, pihaknya berkewajiban dalam melestarikan lingkungan. "Tidak hanya 500 pohon, sebelumnya kami telah menanam 1400-an pohon. Kami pun akan terus melakukan upaya serupa secara berkelanjutan," ucap Anton.

Pihaknya menanam jenis pohon produktif, seperti pohon kamper, trembesi, damar, mahoni. Selain itu, Bekangdam III/Siliwangi pun menanam pohon berbuah, seperti sukun dan lain sebainya. Anton berharap, warga setempat dapat ikut memelihara pohon yang telah ditanam. "Justru, yang sulit itu ketika melakukan pemeliharaan dan perawatan," ucapnya.

Kegiatan penanaman pohon, ucap Anton, merupakan respons dari instruksi Kasad TNI Jenderal Pramono Edhie Wibowo. Apalagi, upaya tersebut sebagai dukungan dalam menyukseskan program penanaman satu milyar pohon dari pemerintah pusat.

Bupati Bandung Barat, Abubakar menambahkan, keberadaan pohon sangat berperan dalam kehidupan. Bahkan, oksigen yang dihirup manusia, berasal dari pohon. "Daerah ini kan kawasan karst. Jangan hanya melakukan eksplorasi, warga pun berkewajiban melakukan upaya timbal balik, dengan memelihara dan merawat lingkungan," tutur Abubakar. Sumber : www.pikiran-rakyat.com