Rabu, 13 Maret 2013

Pasukan Elite TNI Siap Jelajah Garis Pantai Sulawesi



Penulis : Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol | Senin, 11 Maret 2013 | 20:10 WIB

MANADO, KOMPAS.com -- Sebanyak 21 anggota pasukan Elite TNI yang merupakan gabungan dari Marinir TNI AL, Paskhas TNI AU, Kopassus dan Kostrad TNI AD, siap menjelajah garis pantai Pulau Sulawesi sepanjang 15.909 kilometer.

Kesiapan itu disampaikan oleh Komandan Tim Khusus Rawa Laut Sungai dan Pantai (Ralusantai) Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi, Mayor Marinir Joko Fitrianto kepada Kompas.com di Pangkalan TNI AL Bitung, Senin (11/3/2013).

"Tim akan start dari Bitung lalu menyusuri garis pantai Sulawesi, dan akan singgah di pulau-pulau yang ada di sepanjang garis pantai yang dilewati," ujar Joko. Pasukan elite ini akan menggunakan dua kendaraan laut khusus Sea Raider yang punya kecapatan maksimal 45 knot. "Kami akan menjelajah selama 3,5 bulan," jelas Joko.

Selama penjelajahan tersebut, anggota TNI yang merupakan bagian dari Satgas Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi akan melakukan survei dan pendataan keanekaragaman hayati, flora dan fauna. "Selain itu, kami juga akan melakukan pemetaan dan survei terhadap pantai-pantai yang cocok buat latihan gabungan TNI," tambah Joko.

Tadi sore dua buah Sea Raider yang akan digunakan telah diturunkan dari KRI Teluk Sibolga. Sementara ke-21 anggota Tim Jelajah sudah stand by dan melakukan persiapan yang diperlukan.

Selain Tim Khusus Ralusantai, terdapat juga Satgas Ekspedisi NKRI 2013 yang melakukan kegiatan di daratan. Untuk Korwil Utara, peserta yang tiba sejak Sabtu (9/3/2013) disebar di wilayah Minahasa dan Sangihe. Selama 4 bulan ke depan peserta ekspedisi akan melakukan berbagai kegiatan.