Kamis, 14 Maret 2013

Korem 022/PT Tanam Pohon ke-1,5 Juta



Kamis, 14 Mar 2013 Pkl. 00:08 WIB

Medan, (Analisa). Untuk menghijaukan kawasan sekitar Danau Toba, Korem 022/PT, Senin (11/3) di Desa Purba Dolok, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun menanam pohon yang ke-1,5 juta.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Restu Widiyantoro, MDA mewakili Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F Paulus menjelaskan, dalam program Toba Go Green ada sekitar 27 ribu hektar lahan kritis dan lahan milik masyarakat yang ditanami pohon untuk dihijaukan.

Setiap hari sekitar 3.000 pohon ditanami. Personil yang dilibatkan untuk menanamnya 200 prajurit TNI AD sejajaran dibantu masyarakat. Kegiatan Toba Go Green merupakan bentuk tanggungjawab TNI terhadap lingkungan dan ekosistem. Ke depan, penanaman harus dilakukan lebih intensif dan akan ditanam sekitar 40 juta pohon dalam 14 tahun, kata Danrem 022/PT di sela-sela penanaman pohon ke-1,5 juta tersebut.

Selain pelestarian lingkungan dan ekosistem, tambah Kolonel Inf Restu Widiyantoro, MDA, dalam Tata Ruang Pertahanan Darat, kawasan Danau Toba merupakan wilayah paling penting. Danau Toba menjadi titik kuat pangkal perlawanan jika terjadi serangan musuh. Karena kawasan Danau Toba dilengkapi sumber air dan logisitk.

Jika terjadi serangan, kawasan Danau Toba merupakan tempat paling ideal untuk perang gerilya karena memiliki sumber air dan logistik yang sangat cukup. Satu batang pohon diperlukan waktu empat tahun untuk masa perawatan dan pemeliharaan. Dengan demikian, selain TNI, masyarakat juga diharapkan ikut menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam.

Sementara Kapenrem 022/PT Mayor Caj Drs Prinaldi menambahkan, bibit pohon untuk penghijauan ini diperoleh dari bantuan berbagai kalangan, seperti pemerintah kabupaten, perguruan tinggi, dan masyarakat. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan bibit, pihaknya melibatkan kelompok tani dengan cara membuat pembibitan pohon. Jenis pohon yang akan ditanam adalah pohon yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Seperti durian, cempedak ingul, mangga, kemiri, serta jenis tanaman buah lainnya. Sumber : www.analisadaily.com