Jumat, 08 Maret 2013

Kloter Pertama Ekspedisi NKRI Diberangkatkan

Bandung,   Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Jaswandi melepas keberangkatan kloter pertama peserta Ekspedisi NKRI Koridor Sula­wesi 2013 untuk Korwil Tana Toraja, Gowa dan Kolaka dengan menggunakan dua pesawat Hercules milik TNI-AU dengan nomer Lambung A-1312 dan A-1326 di Bandara Husein Sastranegara.

Sebelum acara pemberang­katan Wadanjen Kopassus me­nyampaikan amanatnya dan mengharapkan kepada peser­ta ekspedisi untuk menerapkan apa yang telah diterima para peserta selama pembekalan di Pusdikpassus Situ Lembang dan menjalankan segala prosedur dan pedoman yang ada di daerah selama kegiatan ekspe­disi berlangsung.

Kegiatan ekspedisi ini meru­pakan salah satu bentuk ke­cintaan dan pengabdian kita terhadap Bangsa dan Masyarakat Indonesia, meski masih dalam taraf yang kecil, tapi lama-kelamaan akan menjadi suatu yang besar dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan warga ma­syarakat. Jaga kondisi kesehat­an fisik selama kegiatan eks­pedisi berlangsung, karena  wak­tu empat bulan bukan waktu yang sebentar, mudah-mudah­an kepada para peserta seka­lian dapat memanage fisik dan kesehatan, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kita kekuatan, keselamatan sehing­ga ekspedisi ini dapat berjalan lancar, sukses tanpa kendala apapun juga, demikian amanat yang disampaikan Wadanjen dan mengharapkan do'a restu­nya dari warga masyarakat, semoga kegiatan Ekspedisi ini berjalan dengan baik.

Ekspedisi NKRI Koridor Su­lawesi 2013 ini merupakan keg­iatan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya di Tahun 2011 Ekspedisi Bukit Barisan ber­langsung, di Sumatera dan Ta­hun 2012 Ekspedisi Khatulisti­wa berlangsung di Kalimantan. Ekspedisi yang berisikan keg­iatan penjelajahan Darat, penjelajahan Ralasuntai (rawa-laut-sungai dan pantai) tersebut juga terdapat kegiatan sosial, penelitian tentang sum­ber daya alam, geologi, tanggap bencana dan penanggulangan­nya, pendidikan serta budaya.

Ekspedisi NKRI Koridor Su­lawesi ini juga sangat komplit bukan karena jumlah pesertanya yang mencapai 1.500 orang, tapi karena kekompakan peser­tanya yang terdiri dari Prajurit TNI (AD-AL-AU), anggota Pol­ri, mahasiswa serta para pakar dan para ahli dibidangnya masing-masing. Untuk peserta Kor­wil Luwuk, Mamuju dan Bone akan diberangkatkan pada hari Jumat (8/3) dan peserta Bone Bolango,Sangihetalaut dan Minahasa pada hari berikutnya Sabtu (9/3). Ekspedi­si NKRI 2013 akan berlangsung selama empat bulan dan rencanya ditutup pada tanggal 8 Juli 2013. (Zis), Sumber Koran: Harian Pelita hal.17, Jum’at 8 Maret 2013.