Selasa, 05 Maret 2013

TNI Peringkat ke 15 Dunia Tahun 2013

Mon, Mar 4th, 2013

Mungkin pandangan anda langsung mengarah pada Amerika Serikat (AS) yang memang memiliki julukan negara Adi Kuasa dalam persoalan kemiliteran. Apalagi dibuktikan dengan eks negara-negara jajahannya yang begitu banyak. Ya, jawabannya benar. AS menjadi negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia.

Lalu bagaimana dengan kekuatan militer Indonesia? Berdasarkan situs Global Fire Power (GFP) yang merilis hasil analisis tahun 2013 mengenai kekuatan militer di dunia, kekuatan militer Indonesia atau yang disebut dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menduduki peringkat ke-15 terbaik di dunia.

Indonesia memperoleh nilai Power Index 0.7614, menempati urutan ke-15. Tahun 2012 lalu, TNI berada pada urutan ke-18. Dengan demikian tahin 2013 ini TNI naik 3 peringkat dari tahun yang lalu.

Rilisan tersebut berdasarkan uji data yang mendukung kekuatan militer, yang meliputi kekuantan Pertahanan Darat (Land System), Kekuatan Udara (Air Power), kekuatan Pertahanan Laut (Naval Power), Persediaan Bahan Bakar (Resources/Petroleum), Logistik, Finansial dan Luas Geograpi.

Secara berturut-turut, urutan 20 besar peringkat kekuatan militer dunia dipegang secara berturut-turut: AS, Rusia, China, India, Inggris, Perancis, Jerman, Korea Selatan, Itali dan Brasil, Turki, Pakistan, Israel, Mesir, Indonesia, Iran, Jepang, Taiwan, Kanada dan Thailand.

Akan tetapi, bila dibenturkan dengan realitas yang terjadi di Indonesia, TNI sepertinya jauh panggang dari api. Berbagai PR masih menjadi tanda tanya. Seperti aksi terorisme yang merajalela serta wacana terkini tentang konflik di wilayah Papua yang menewaskan 8 anggota TNI tewas dan 2 warga sipil karena ditembak oleh kelompok bersenhata yang tidak jelas, Kamis (21/2/2013). Belum lagi pada masalah internal sendiri, seperti perlengkapan senjata perang dan kesejahteraan tentara. Sumber: www.ngomel.com