Senin, 25 November 2013

TNI Siap Amankan Pilkada Maluku

Minggu, 24 November 2013 - 15:13, Teraspos - Panglima Kodam XVI Pattimura Mayjen TNI Eko Wiratmoko menyatakan siap mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Maluku putaran kedua pada 14 Desember 2013.

"Kami bersama Polri siap membantu mengamankan Pilkada Maluku putaran kedua," kata Pangdam Eko di Ambon, Minggu (24/11).

Dikatakan Pangdam, TNI akan membantu Polri pada pesta demokrasi Pilkada Maluku sehingga pelaksanaannya berlangsung aman.

"Kami juga membantu Polri mengamankan Pilkada Maluku Utara, sudah selesai berlangsung aman dan terkendali, walaupun ada sedikit kisruh tetapi bersama Polri bisa teratasi. Diharapkan Pilkada Maluku tidak ada masalah lagi," ujar Pangdam.

Ia mengatakan, untuk membantu Polri dalam pengamanan Pilkada Maluku, Kodam XVI Pattimura akan menyiapkan 1.000 personel ditambah dengan personel cadangan yang disiagakan.

"Kami sudah siapkan personel namun tergantung permintaan Polri, kalau misalnya diminta 1.000 kami siap bantu dan kami tetap siagakan personil cadangan kalau sewaktu-waktu diminta," katanya.

Karena itu diimbau kepada masyarakat Maluku untuk sukseskan Pilkada Maluku putaran kedua pada 14 Desember 2013.

"Marilah kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan menjaga kondisi keamanan daerah bersama aparat keamanan, sehingga dalam pelaksanaan bisa berjalan lancar, aman dan sukses," ujar Pangdam Eko Wiratmoko.

Pangdam juga mengingatkan masyarakat di daerah ini agar tidak saling mengejek terutama antara sesama pendukung calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur.

"Tidak perlu saling mengejek karena bisa mengakibatkan terjadi bentrok, kita tidak mau Maluku berada dalam kondisi yang tidak aman. Karena itu secara maksimal TNI siap mengamankan," tegas Pangdam.

Pangdam juga yakin dua calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang maju putaran kedua Said Assagaff-Zeth Sahuburua dan Abdullah Vanath- Marthen Maspaitella tidak ada perselisihan dan masing-masing harus siap menang dan kalah.

"Kalau ada yang menghambat pilkada putaran kedua TNI bersama Polri siap menghadapi. MK sudah mengetok palu yang masuk putaran kedua hanya dua calon yakni SETIA dan DAMAI. (ant)