Rabu, 27 November 2013

Beli Tanah di Area GPIB Imanuel, TNI AD Bangun Mess Perwira Pada 2014

Selasa, 26 November 2013 23:21 WIB


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Budiman, membenarkan pihaknya telah membeli tanah di area milik Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Pejambon, Jakarta Pusat.

Rencananya, tanah tersebut akan digunakan untuk membangun mess untuk perwira TNI AD dan pembangunannya akan dimulai tahun 2014.

"Memang betul ada untuk kepentingan pembelian (tanah) gereja. (Pembelian) Resmi (TNI) Angkatan Darat karena tanah itu sebagian milik gereja sebagian milik perorangan ditinggali oleh asrama kita dan nanti itu akan dijadikan asrama para perwira sehingga gereja memberikan," ujar Budiman kepada wartawan di Lemabaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Budiman mengatakan tanah tersebut dulunya adalah asrama batalion TNI AD. Mengenai lahan yang dibeli merupakan bagian dari cagar budaya, Budiman mengaku hanya gereja tersebut yang merupakan benda cagar budaya.

"Yang cagar budaya adalah bangunan utama gereja tersebut. Itu rumah penduduk yang padat sekali yang dulu asrama batalion. Jadi sebetulnya kita duduki berpuluh-puluh tahun, daripada dalam situasi yang tidak jelas, kita berikan penggantian kepada gereja," terang Budiman.

Terkait pengosongan rumah warga, Budiman mengaku semua berjalan normal dan tidak menemui kendala.
Diberitakan, pembelian tanah oleh TNI AD tersebut mendapat reaksi keras dari warga yang bermukim di sana. Bahkan warga menggelar unjuk rasa beberapa kali.

Warga Pejambon tidak terima penggusuran tersebut karena belum ada kata sepakat antara warga dan  Batalyon Perhubungan Angkatan Darat (Yonhubad) mengenai uang kerohiman.