Senin, 25 November 2013

432 Orang Catam TNI-AD Lulus Pantukhir

Saturday, 23 November 2013 08:38, (Kabarjatim.com, SURABAYA) - Panitia penerimaan Calon Tamtama (Catam) prajurit TNI-AD Kodam V/Brawijaya pada Kamis (21/11) menyeleksi 577 orang peserta Pantukhir Catam TNI-AD, bertempat di Aula Makodam V/Brawijaya.

Seleksi Pantukhir yang dipimpin langsung oleh Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma’i ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian penerimaan prajurit TNI-AD di Kodam V/Brawijaya dengan melibatkan para pejabat jajaran Kodam V/Brawijaya terkait untuk mendapatkan sosok seorang prajurit TNI-AD yang memiliki kualitas fisik dan mental profesional dan proporsional. Sehingga keterlibatan para Perwira di lingkungan Kodam V/Brawijaya dalam memilih calon-calon prajurit TNI-AD ini sangat diharapkan adanya obyektifitas untuk menilai SDM dari masing-masing para peserta, dengan harapan Kodam V/Brawijaya akan memiliki prajurit-prajurit handal dan bisa dibanggakan dalam menjalankan tugasnya untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Indonesia tercinta.
    
Dalam amanat Pangdam yang dibacakan Kasdam V/Brawijaya mengatakan bahwa Seleksi penerimaan prajurit khususnya penerimaan calon Tamtama merupakan bagian yang sangat penting dan mempunyai dampak strategis bagi pembinaan dan penggunaan kekuatan satuan jajaran TNI di masa mendatang. Kegiatan rekruitmen calon Tamtama merupakan kegiatan yang sangat strategis dan harus dilaksanakan secara selektif serta berpedoman pada peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

Disamping itu, dalam amanatnya Pangdam menekankan beberapa hal antara lain: 
1. Laksanakan sidang secara obyektif dengan tetap berpedoman pada norma-norma yang berlaku, berdasarkan hasil seleksi serta beberapa pertimbangan prestasi akademik maupun non akademik yang menonjol dari para calon. 
2. Laksanakan pengecekan secara fisik dengan benar, karena kondisi kesehatan fisik dan postur para calon merupakan syarat utama. 
3. Berikan saran/masukan sesuai fungsi masing-masing agar sidang berjalan secara sehat dan menghasilkan keputusan yang komprehensif, sehingga dapat terpilih Calon Tamtama yang berkualitas. 
4. Amankan hasil keputusan sidang ini dengan baik agar tidak menimbulkan image yang tidak baik.
    
Melalui berbagai pertimbangan dan penilaian yang ketat, para panitia Pantukhir memutuskan mengambil 432 orang dari 577 orang peserta untuk diterima sebagai calon Tamtama prajurit TNI-AD Kodam V/Brawijaya. Adapun animo pemuda yang mengikuti seleksi Catam ini sejumlah 2617 orang. Dan dari 432 orang yang lulus Pantukhir ini dalam waktu dekat akan mengikuti Pendidikan dan Latihan dasar Sekolah Calon Tamtama prajurit karier TNI-AD gelombang II TA. 2013 di Secata Rindam V/Brawijaya di Magetan, selama 5 bulan. (kj2)

Caption: Pantukir, foto: kabarjatim