Selasa, 26 November 2013

Pasukan BTP Brigif-13/1 Kostrad Laksanakan Patroli Keamanan



Sukabumi,   Tiga Batalyon Brigade In­fanteri 13/1 Kostrad melak­sanakan patroli keamanan (Patkam) gabungan dan berge­rak maju ke basis tempur (BT) masing-masing di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (21/11).Ke­tiga batalyon tersebut bergerak di poros serangan masing-ma­sing, didukung oleh batalyon/satuan perkuatan lainnya.

Demikian skenario pada Lati­han Taktis BTP Brigif-13/1 Kostrad pada H+2 yang berlang­sung di daerah latihan Kostrad, Sukabumi.Dalam latihan terse­but, di poros kiri, dua kompi pa­sukan Yonif-303 Kostrad berger­ak mendekati wilayah musuh di daerah Cigelang-Sukabum.Namun pergerakan Yonif-303 Kostrad mendapat gangguan dari musuh, sehingga terjadi kontak tembak yang mengaki­batkan satu orang prajurit mengalami luka tembak di bagian betis kiri.

Kontak tembak juga terjadi di poros tengah yang meru­pakan sektor Yonif-323/Raider Kostrad.Meski berlangsung cu­kup sengit, pasukan Yonif-323/ Raider Kostrad berhasil mengua­sai sasaran.Sementara di poros kanan, kontak tembak pun ti­dak bisa dielakkan antara pasu­kan Yonif Linud-330 Kostrad de­ngan musuh.Kedudukan mu­suh berhasil dihancurkan oleh Yonif Linud-330 Kostrad dan berhasil menawan satu orang musuh dalam keadaan hidup.

Patroli keamanan gabungan ini didukung oleh batalyon/satuan perkuatan lainnya, an­tara lain satu kompi Kavaleri Tank Yonkav-1 Kostrad untuk mendukung batalyon serangan dengan menempatkan satu peleton Kavaleri Tank di poros serangan Yonif-323 Kostrad.

Kompi Kavaleri ini juga berha­sil menghancurkan beberapa kendaraan tempur musuh.Un­tuk mempermudah gerak pasu­kan serangan, satu kompi Zipur-9 Kostrad berhasil menga­tasi rintangan-rintangan mu­suh dan melakukan penerobo­san lapangan ranjau yang di­rancang musuh.Sementara itu, satu baterai Yonarmed Kostrad melaksanakan kolone taktis di daerah steling penembakan di daerah Tegaljoho, Sukabumi.Satu baterai Yonarhanudri-1 Kostrad berhasil menemukan pengintai UAV musuh di sektor satbak Gn. Sentul, Sukabumi.

Secara keseluruhan, pasukan BTP Brigif-13/1 Kostrad dengan batalyon/satuan perkuatannya berhasil menguasai sasaran dan melaksanakan gerak maju mendekati sasaran sehingga mempersempit gerak pasukan musuh.(ay), Sumber Koran: Pelita (26 November 2013/Selasa, Hal. 21)