Senin, 25 November 2013

Anggota TNI Akan Laksanakan Patroli Kebersihan

Minggu, 24/11/2013 - 13:02, BANDUNG, (PRLM).- Dalam waktu dekat ini jangan heran apabila ada orang-orang berambut cepak dan berpakaian hijau, berkeliaran di lapangan-lapangan besar, area CFD, dan pusat-pusat jalan yang memiliki lalu lintas padat, dengan menggunakan sepeda.

Mereka adalah anggota TNI bersepeda yang sebentar lagi akan membantu membereskan sampah di Kota Bandung. Jadi dengan keramah-tamahannya, para anggota TNI akan membantu warga untuk buang sampah.

"Jadi akan ada sekitar 20 anggota TNI yang menggunakan sepeda di tiap-tiap lapangan atau taman dan area CFD yang banyak dikunjungi masyarakat. mereka akan melihat gerak-gerik pengunjung taman-taman tersebut, dan apabila ada yang berniat buang sampah sembarangan akan ditegur dengan halus," kata Komandan Distrik Militer, Kodim 0618/BS, Letnan Kolonel Infanteri, Rudy Muhammad Ramdan, Minggu, (24/11/2013).

Rudy menjelaskan bahwa teguran yang dilakukan oleh para anggota TNI bersepeda ini, akan penuh kasih sayang, misalnya, "Tolong pak buang sampahnya di tempat sampah sebelah sana". Tidak lupa anggota TNI pun berdialog dengan senyum.
"Ini pun sebagai bentuk dari penyuksesan program Pemerintah Kota Bandung yaitu 'Beberes Bandung', sehingga dalam waktu dekat Bandung bisa lebih bersih dari sampah," ujar Rudy.

Selain itu, lanjut Rudy, dengan cara tersebut bisa menjunjung kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadi tak ada lagi kesan seram dari anggota TNI, dan diharapkan TNI dengan begitu rakyat akan lebih mencintai anggota TNI.

Sementara itu Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal Dedi Kusnadi Thamim, menyatakan bahwa anggota TNI dari Kodam III Silwangi akan terus menggelar kegiatan pembersihan lapangan-lapangan yang tersebar di seluruh Kota Bandung dalam penyuksesan program Beberes Bandung.

"Setiap Minggu pasti ada di lokasi-lokasi yang biasa dikunjungi masyarakat Kota Bandung, seperti Lapangan Gasibu, Lapangan Tegalega, CFD Dago, dan sebagainya. Nah anggota TNI akan selalu membantu kebersihan di tempat-tempat tersebut," kata Dedi.

Dedi pun menjelaskan, bahwa Kodam III Siliwangi serta Kodim 0618/BS akan bekerja sama dengan Pemkot Bandung untuk menciptakan taman-taman indah di lokasi-lokasi yang selalu dibersihkan tersebut. "Bahkan kami yang dibantu Pemkot Bandung akan pasang papan catur raksasa di lokasi-lokasi taman-taman kota tersebut, dan penambahan penerangan, agar masyarakat bisa lebih betah," katanya.

Dedi pun berharap dengan ribuan anggota TNI yang bertebaran di tempat-tempat publik ini, bisa membantu juga dalam peningkatan keamanan dan ketertiban di tempat tersebut.(A-211/A-147)