Jumat, 22 November 2013

4 Kabupaten Jateng Dihijaukan TNI dan Pertamina

KAMIS, 21 NOVEMBER 2013 - 14:32

Temanggung, Seruu.com - Komando Daerah Militer IV/Diponegoro bersama PT Pertamina menanam 3.020.000 pohon di empat kabupaten di Jawa Tengah, yakni Temanggung, Batang, Semarang, dan Karanganyar.

Kegiatan penanaman pohon yang dipusatkan di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Kamis, itu dipimpin oleh Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI M.S. Fadillah mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo.

Pangdam IV/Diponegoro dalam sambutan tertulis yang dibacakan Danrem 072/Pamungkas mengatakan erosi dan bencana banjir telah membawa dampak negatif bagi sebagian masyarakat.

Selain itu, katanya, pencemaran lingkungan, berkurangnya kawasan hijau dan perusakan habitat ekosistem akan memicu terjadinya pemanasan global yang berdampak kepada perubahan iklim dan akhirnya mengancam kelangsungan makhluk hidup di muka bumi.

"Kondisi seperti ini menjadi ancaman riil dan sebuah fenomena bersama yang harus dihadapi, khususnya yang menyangkut pelestarian kawasan hijau yang cenderung telah mengalami penurunan kuantitas dan kualitas," katanya.

Ia mengatakan untuk menanggulangi berbagai ancaman terhadap pelestarian kawasan hijau perlu dilakukan secara konsepsional dan berkesinambungan serta bersifat menyeluruh dengan mengutamakan kepentingan nasional dan daerah.

General Manajer Refinery Unit IV Calacap Edy Prabowo mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari "Penanaman 20 Juta Pohon" yang ersebar di 13 titik lokasi di sekitar operasi Pertamina maupun anak perusahaan Pertamina di Indonesia.

"Penanaman ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan bekerja sama dengan TNI AD," katanya. [ant]