Jumat, 22 November 2013

Pangdam Apresiasi Hankam di Sekadau

SEKADAU - Pangdam XII/ Tanjungpura Mayjen TNI A. Ibrahim Saleh menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Sekadau, Rabu (20/11). Kedatangan Pangdam dan rombongan di Bumi Lawang Kuari disambut langsung Bupati Sekadau, Simon Petrus di rumah Dinas Bupati Sekadau.Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Aloysius, Kapolres Sekadau, AKBP Agus Triatmaja, Sekda Sekadau, Yohanes Jhon, sejumlah kepala Dinas, Badan,Kantor dan Bagian di Pemkab Sekadau, para tokoh masyarakat, serta sejumlah petinggi TNI di jajaran Kodam Tpr Kalbar.

Bupati Sekadau, Simon Petrus dalam acara tatap muka itu memberikan gambaran umum tentang profil wilayah Kabupaten Sekadau, kepada Pangdam XII/Tanjungpura. Terkait kondisi pertanahan dan keamanan di wilayah Kabupaten Sekadau, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Sekadau yang didiami masyarakat dari beragam suku, agama dan budaya hingga kini aman dan tenteram. Jalinan koordinasi dengan jajaran TNI pun sangat harmonis.

 "Kondisi keamanan di Sekadau sangat baik. Begitu pula hubungan koordinasi dengan jajaran TNI seperti koramil-koramil,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati turut menyampaikan bahwa di Kabupaten Sekadau belum memiliki komando militer setingkat Kodim. Selama ini, Kabupaten Sekadau masih bernaung dibawah jajaran Kodim 1204 Sanggau.“Kita memang belum ada Kodim, masih menginduk ke Sanggau. Apakah dari analisa teknis belum memenuhi kriteria atau bagaimana, pak Pangdam yang lebih mengerti,” tutur Bupati.Simon Petrus turut mengapresiasi jajaran TNI yang selalu siap memastikan kondisi pertahanan dan keamanan di Kabupaten Sekadau hingga selalu terjaga kondusif. “Terimakasih untuk bapak-bapak tentara,” ucapnya.

Bupati turut menginformasikan bahwa Pemkab Sekadau telah menghibahkan sebuah bangunan untuk kantor Koramil di Kecamatan Belitang Hulu. “Pemda telah menyalurkan bantuan dalam bentuk bangunan kantor untuk Koramil di Belitang Hulu,” kata Bupati.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI A. Ibrahim Saleh mengatakan bangga dengan situasi keamanan di Sekadau yang sejak dimekarkan dari Kabupaten Sanggau sampai hari ini bisa terjaga dengan baik. Ibrahim mengaku sejak menjabat sebagai Pangdam, dirinya belum pernah mendapat laporan tentang gangguan keamanan di Sekadau."Selama ini saya belum pernah menerima laporan tentang gangguan kemanan di Sekadau. Itu artinya kondisi di Sekadau sangat terjaga,” ujar Pangdam.

Oleh sebab itu, Pangdam ingin keharmonisan yang sudah terjalin sudah semestinya terus dipertahankan. Menurut Pangdam, dengan terciptanya kondisi keamanan yang baik, tentu pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik pula. "Kalau suatu daerah aman, tentu program pembangunan bisa dijalankan dengan baik,” ucapnya.Pangdam turut berterimakasih kepada Pemkab Sekadau yang telah memberikan perhatian kepada jajaran TNI dengan membantu pembangunan kantor Koramil. “Kita sangat berterimakasih atas perhatian Pemda Sekadau atas dukungannya. Tentu ini sangat membantu TNI dalam menjalankan tugasnya,” tandas Pangdam. (Bny)