Sabtu, 08 Juni 2013

TNI dan USPACOM Gelar Latihan Gema Bhakti


Kamis, 6 Juni 2013 - 18:36
Jakarta, Seruu.com - Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI A.M. Putranto didampingi Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana Wisnu Wijaya, Deputy Commander Army National Guard US. Army Pacific Major General Gary M. Hara dan Chief  Office of Defence Cooperation (ODC) Colonel Michael Janser, membuka Latihan Bersama Gema Bhakti, di PMPP TNI Sentul Bogor Jawa Barat, Kamis (6/6/2013).

Gema Bhakti  adalah latihan bersama antara TNI dengan United States Pasific Command (USPACOM) yang direncanakan akan diselenggarakan setiap tahun dalam bidang penanggulangan bencana dimana pada tahun 2013 ini merupakan Latihan Bersama Gema Bhakti yang pertama kali.

Kerjasama latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, praktik di lapangan dan pembelajaran dari pengalaman, pengembangan rencana operasi terpadu, dan latihan skenario tanggap darurat pada tingkat strategis, operasional dan taktis.

Selain itu juga untuk meningkatkan  kerjasama  operasi sipil dan militer di  bidang  penanggulangan bencana  khususnya antara TNI, Kementrian/Lembaga, Badan Nasional Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB) dan USPACOM sekaligus untuk mempererat  persahabatan kedua negara.    

Latihan ini sebagai langkah antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Indonesia, diperlukan komitmen dari semua komponen bangsa seperti  pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk secara bersama-sama melaksanakan upaya-upaya sinergis dan terintegrasi dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Pemerintah dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya bertanggungjawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, sejak tahap sebelum, pada saat dan setelah terjadi bencana.

TNI sebagai salah satu alat pertahanan negara dan mempunyai sumber daya turut berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mengantisipasi dan menyiapkan personil beserta alutsistanya dalam menghadapi ancaman bencana yang dapat terjadi kapan saja. TNI juga berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan prajuritnya dalam bidang manjemen penanggulangan bencana melalui personilnya yang tergabung dalam Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC PB).

TNI dan USPACOM mempunyai sejarah panjang  hubungan kerjasama dalam manajemen penanggulangan bencana. TNI dan USPACOM mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam manajemen penanggulangan bencana dalam rangka melindungi dan menjaga warga sipil pasca terjadinya beberapa bencana di Indonesia. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menyelenggarakan Latihan  bersama Gema Bhakti tahun 2013 dalam bentuk Table Top Exercise (TTX)  di PMPP TNI Sentul, Bogor Jawa Barat.

Latihan bersama Gema Bhakti tahun 2013 merupakan bagian dari strategi Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan personil dan material dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Indonesia.

Setiap Negara mempunyai ketentuan dan prosedur yang berbeda dalam mengakomodasi masuknya bantuan asing dalam rangka penanggulangan bencana, oleh karena itu diperlukan pertukaran informasi, kerjasama, penyamaan persepsi dan pemahaman tentang peraturan dan prosedur yang berlaku.

Latihan ini sangat dibutuhkan guna melatih personil TNI/Kementrian/Lembaga yang tergabung dalam SRC PB Wilayah Barat  dalam hal merencanakan dan melaksanakan operasi sipil-militer dan bantuan asing dalam rangka penanggulangan bencana.

Beberapa materi latihan yang akan dikembangkan pada latihan Gema Bhakti 2013 adalah menekankan pada level strategis dalam penanggulangan bencana di kawasan nasional maupun regional seperti,  Pertama, fase HA/DR Preparadnes yaitu fase sebelum terjadinya bencana. Kedua,  fase setelah 72 jam terjadinya bencana berupa response dari lokal dan nasional serta bantuan lembaga internasional dan Ketiga, fase setelah 2 minggu terjadinya bencana berupa response akhir tim penanggulangan bencana internasional.

Latihan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d. 10 Juni 2013 yang bertempat di PMPP TNI, Sentul Bogor Jawa Barat. Latihan Bersama Gema Bhakti tahun 2013 diikuti 145 orang (TNI 45 orang, USPACOM 52 orang, BNPB 15 orang dan Pendukung 33 orang), mengambil tema “Kerjasama Sipil dan Militer serta Prosedur Bantuan Asing Dalam Rangka Operasi Penanggulangan Bencana”.

Pada hari yang sama Komandan PMPP TNI Brigjen TNI A.M. Putranto menutup Latihan Pacific Resilience Disaster Response Exercise and Exchange (PR DREE) yang telah dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 3 s.d. 6 Juni 2013, di  Auditorium PMPP TNI, Sentul Bogor Jawa Barat. [badar]