Jumat, 28 Juni 2013

Kopassus dan Marinir Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Riau


Kamis, 27 Juni 2013 09:38 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI menerjunkan sekitar 1.400 personel, untuk mengatasi masalah kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di Riau.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono pun memerintahkan jajarannya mengerahkan pasukan ahli, untuk membantu penanganan bencana asap di Riau.

Menurutnya, jika ditambah dengan kepolisian, personel yang diturunkan mencapai 2.000 orang.

"Kami sudah kerahkan pasukan," kata Agus saat ditemui usai membuka Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI II 2013, di Gedung Olahraga (GOR) Mabes TNI Cilangkap, Rabu (26/6/2013).

Satuan TNI yang diturunkan ke Riau, lanjutnya, terdiri dari gabungan beberapa pasukan. Komposisinya terdiri dari anggota Kopassus 400 personel, Marinir 400 personel, dan Kostrad 600 personel. Agus berharap, pascapenurunan pasukan, api bisa segera padam.

"Ditambah lagi kemarin malam sudah hujan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran lahan gambut di Sumatera dan Kalimantan menyebabkan kabut asap. Kabut asap sudah mengganggu Singapura dan Malaysia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga berjanji menindak tegas perusahaan yang diduga ikut menyebabkan kebakaran dan bencana asap di Riau. Hingga kini, pemerintah masih fokus memadamkan lahan gambut yang terbakar.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Yaspen Martinus