Kamis, 27 Juni 2013

Dukung Penyerang Cebongan, OC Kaligis Dikecam


Rabu, 26 Juni 2013 | 20:13 WIB

TEMPO.CO, YOGYAKARTA-- Kehadiran advokat senior OC Kaligis dalam persidangan kasus Cebongan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta menarik perhatian pengunjung sidang, Rabu 26 Juni 2013.

Namun Kaligis mengeluarkan pernyataan mengejutkan dengan mendukung aparat Kopassus yang telah menembak mati empat tahanan titipan di lembaga pemasyarakatan kelas II B Cebongan, Sleman pada 23 Maret dini hari lalu.

"Posisi OC Kaligis sebagai apa sehingga ngomong begitu?"kata Koordinator Koalisi Rakyat Pemantau Peradilan Militer (KRPPM), Sumiardi kepada Tempo.

OC Kaligis juga menyinggung keberadaan lembaga-lembaga yang selama ini kukuh memperjuangkan penegakan hak asasi manusia. OC Kaligis menyatakan memberi dukungan kepada siapapun yang memberantas preman. Dia juga berharap agar preman tidak menjalar ke lembaga swadaya masyarakat, juga Kontras.

"Kalau OC Kaligis datang sebagai masyarakat umum, sah-sah saja ngomong begitu. Tapi jika dia sebagai konsultan hukum dari terdakwa, pernyataannya itu ancaman bagi publik," ujar Sumiardi yang juga Koordinator Divisi Advokasi Pusat Studi Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pusham) Universitas Islam Indonesia (UII).