Jumat, 21 Juni 2013

12 Kopassus tinggalkan ruang sidang bak pahlawan


Reporter : Parwito
Kamis, 20 Juni 2013 13:51:28

Sidang pengadilan militer terhadap 12 Kopassus telah usai. Mereka dimasukkan ke dalam dua kendaraan baracuda yang siaga di pengadilan tersebut. Ke 12 Kopassus dielu-elukan bak pahlawan oleh ratusan massa dan ormas yang menghadiri persidangan tersebut.

Koordinator aksi, Doni Manurung melakukan orasi bahwa hakim yang memimpin sidang tersebut salah jika menyebut penyerangan Lapas Cebongan dilakukan secara terencana. "Kita tidak terima jika hakim menyatakan penyerangan (Lapas Cebongan) direncanakan," ujar Doni dalam orasinya di luar ruang sidang, Yogyakarta, Kamis (20/6).

Polisi Militer harus turun tangan untuk menghalau ratusan massa dan ormas yang memadati kawasan pengadilan militer tersebut. Ketika kendaraan barakuda yang membawa 12 Kopassus itu keluar dari pengadilan, massa meneriakkan dukungan terhadap Kopassus.


"Hidup Kopassus. Hidup Kopassus. Hidup Kopassus. Kita kawal hingga sidang berakhir."

Sebelumnya, ratusan massa mendatangi sidang terhadap 12 anggota Kopassus pada kasus penembakan di Lapas Cebongan, Sleman. Mereka juga membentangkan spanduk dengan beragam tulisan.

Di antara spanduk yang dibentangkan, kebanyakan adalah dukungan kepada prajurit Kopassus.

Spanduk antara lain bertuliskan; "TNI-Polri maju terus berantas premanisme", "Komnas-HAM bekerjalah dengan hati nurani", "Yogyakarta butuh Kopassus, bukan Komnas-HAM", "Kami dukung Kopassus dukung premanisme". Spanduk diletakkan di depan pengadilan. [ded]