Jumat, 21 Juni 2013

Panglima TNI Sayangkan Pendukung Kopassus Kejar Ketua Komnas HAM


Kamis, 20 Juni 2013 23:01 WIB    
Chandra Harimurti

JAKARTA, Jaringnews.com - Panglima TNI Agus Suhartono menyayangkan massa pendukung anggota Kopassus terdakwa pembunuhan 4 tahanan di LP Cebongan mengejar Ketua Komnas HAM SN Laila. Pengejaran itu terjadi saat sidang pembunuh 4 tahanan itu di Bantul, Jogjakarta, Kamis (20/6) siang tadi.

Agus mengatakan aksi pengejaran itu tidak boleh terjadi. Agus berjanji dalam sidang-sidang selanjutnya nanti akan diperketat.

"Bukan TNI tapi kan? Nanti akan diamankan. Tidak boleh itu. Kita juga akan melakukan perketat pengamanan," jelas Agus di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (20/6) sore tadi.

Agus mengatakan TNI akan meminta bantuan pihak kepolisian untuk mengamankan keadaan di luar sidang. Namun khusus di dalam area sidang, pihak Polisi Militer (PM) yang bertanggungjawab.

"Nanti saya minta bantuan Pak Kapolri untuk mengamankan kalau di luar ruang sidang, tapi kalau didalam itu urusan PM," jelas dia.

Sebelumnya dalam aksi pengejaran para pendukung Kopassus itu massa meneriakinya dan menganggap Komnas HAM sebagai pengkhianat. Massa sudah menghadang

Ketua Komnas HAM saat keluar dari ruang sidang. Beruntung PM langsung melindungi Laila. (Chm/Mys)