Kamis, 27 Juni 2013

Anggota TNI dan Polri di Kalteng Diminta Bantu Cegah Kebakaran Lahan


Rabu, 26 Juni 2013 | 09:45 WIB
MI/Amiruddin

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Jajaran anggota TNI dan Polri di Kalimantan Tengah diminta turut membantu mencegah terjadinya kabut asap akibat kebakaran lahan di wilayah tersebut.

Komandan Korem telah diminta agar berkoordinasi dengan Kodim di kabupaten/kota untuk mengamankan lahan, kata Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang di Palangkaraya, Rabu (26/6).

"Sedangkan kepada Kapolda Kalteng secara khusus saya minta agar menindak tegas siapapun yang membakar lahan tanpa terkecuali. Saya tidak ingin ada asap di wilayah ini," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi dengan julukan Bumi Tambun Bungai itu menegaskan tidak ada alasan lagi masyarakat maupun pihak perkebunan membakar lahan untuk membuka lahan. Oleh karena itu, Korem dan Polda Kalteng secara khusus memantau dan mengamankan kabupaten yang memiliki banyak perusahaan perkebunan dengan lahan sangat luas.

"Saya tidak ingin sedikitpun mendengar ada perusahaan perkebunan yang membuka lahan dengan cara membakar. Apabila hal itu terjadi, aparat harus menindak tegas,"  kata Teras. (Ant)

Editor: Patna Budi Utami