Sabtu, 08 Juni 2013

Kepala BIN Letjen Norman Dianugerahi International Fellows Hall of Fame


Rabu, 05/06/2013 15:50 WIB
Eddi Santosa - detikNews 
Washington D.C - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI (purn) Marciano Norman mendapat anugerah menjadi anggota International Fellows Hall of Fame di Washington, D.C sebagai penghormatan atas prestasinya. 

Penganugerahan dari National Defense University (NDU) di Washington, D.C tersebut dipimpin langsung oleh Presiden NDU Mayjen Gregg F. Martin pada Selasa, (4/6/2013) waktu setempat.

"Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tapi juga merupakan bentuk penghargaan AS kepada pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Yudhoyono, yang secara proaktif mengupayakan militer untuk terus mendukung proses demokratisasi di Indonesia," ujar Norman dalam sambutannya. 

Selain itu, lanjut Norman, penghargaan tersebut juga merupakan salah satu implementasi konkrit dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, khususnya untuk meningkatkan hubungan antar militer kedua negara. 

"Sehingga semakin memperkokoh kerjasama kedua negara dalam mengupayakan tercapainya perdamaian dan keadilan di dunia," tandas Norman. 

Norman berharap agar NDU dapat terus memberikan kesempatan kepada siswa-siswa terbaik Indonesia untuk mengenyam pendidikan di NDU. 

Sebelumnya Presiden NDU Mayjen Gregg F. Martin menyampaikan selamat sekaligus menekankan arti penting pendidikan untuk menumbuhkan strategic trust di antara para alumni, yang dipercaya banyak memberikan kontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan dunia, manakala mereka menduduki posisi-posisi penting di negaranya. 

Presiden NDU juga menyebutkan contoh Indonesia sebagai negara yang berhasil menumbuhkembangkan demokrasi, Islam dan modernitas yang selaras. 

Penganugerahan menurut keterangan Minister Counselor KBRI Washington Heru H. Subolo dihadiri sekitar 200 orang antara lain para profesor dan siswa NDU, para Atase Pertahanan negara sahabat dan perwakilan intelijen asing di Washington, D.C. 

Juga terlihat Dubes RI Dr. Dino Patti Djalal dan Ibu Rosa Rai Djalal, beberapa pejabat KBRI Washington DC dan PTRI New York, serta para siswa TNI yang sedang menuntut ilmu di AS.

Letjen TNI (purn) Marciano Norman yang menjabat sebagai Kepala BIN sejak 2011 adalah lulusan National War College, Class of 2006, dan merupakan alumni NDU asal Indonesia yang pertama mendapat penghargaan tersebut. 

Anugerah International Fellows Hall of Fame diberikan oleh NDU sejak 1 April 1999 sebagai penghormatan atas prestasi alumni internasional yang telah menduduki pangkat jenderal bintang empat atau jabatan setingkat menteri di negaranya. 

Penghargaan yang diterima meliputi piagam, plakat serta pemasangan foto di International Fellows Hall of Fame. 

Norman adalah lulusan Akmil 1978. Sebelum menjabat sebagai Kepala BIN, dia pernah menjadi Komandan Paspampres, Pangdam Jaya dan Komandan Kodiklat TNI AD.