Kamis, 13 Juni 2013

Indobatt dan FCR Gelar latihan Operasi Bersama di Lebanon


Lebanon,   Satgas Indobatt (Indonesian Battalyon) Kontingen Garuda (Konga) XXIII-G/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) dan FCR /Force Commander Re­serve) Batalyon Perancis meng­gelar Latihan Operasi Bersama selama empat hari mulai tang­gal 11-14 Juni 2013, di sekitar AOR {Area of Responsibility} Indo­batt, Lebanon Selatan. Kegiatan latihan bersama ini diantaranya meliputi patroli bersama, Olahra­ga bersama, serta display senja­ta dan kendaraan.

Upacara latihan operasi ber­sama dibuka secara resmi oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto dalam suatu upacara mi­liter di Lapangan Soekarno UN Posn 7-1, Adshid al-Qusayr, Leb­anon Selatan, Selasa (11/6), dii­kuti oleh para Kepala Seksi, Ko­mandan Kompi, Perwira Staf, serta dua Pleton Pasukan Indo­batt dan satu Pleton dari FCR dibawah kendali Kapten Lauser.

Dansatgas Konga XXIII-G/ UNIFIL Letkol Inf Lucky Avianto mengatakan, bahwa suatu ke­percayaan dan penghargaan bagi Satgas Indobatt karena FCR telah memilih sebagai rekan dalam melakukan latihan bersama ini. Disamping itu, latihan ini selain untuk menciptakan hubungan baik antara kedua negara yakni Indonesia dan Perancis, sekal­igus pula dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bersa­ma-sama mensukseskan Misi Perdamaian di Lebanon.

Sementara itu, Kapten Lauser menilai bahwa Indobatt adalah Kontingen yang tangguh, tidak dapat dipandang sebelah mata. pasalnya Prajurit TNI yang ter­gabung dalam UNIFIL ini ke­beradaannya setara dengan kontingen dari negara lain. (ay), Sumber Koran: Harian Pelita (13 Juni 2013/Kamis, Hal. 17)