Senin, 10 Juni 2013

10 ribu TNI dan Warga Bersihkan Kali Surabaya


Sabtu, 8 Juni 2013 11:25 WIB

Laporan Wartawan Surya, M Taufik
TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sebanyak 6.000 orang personil TNI dikerahkan untuk membersihkan kali Surabaya.

Ribuan personil itu melakukan bersih-bersih sungai dari Jagalan sampai Petekan Surabaya yang panjangnya mencapai 2,8 kilometer, Sabtu (8/6/2013).

Selain anggota TNI, bersih-bersih juga diikuti oleh ribuan warga Surabaya.

Totalnya, ada 10.000 orang yang terdiri dari 6.000 personel TNI AD dan 4.000 warga Surabaya.

Bukan hanya membersihkan kotoran di pinggir sungai, para tentara dan warga yang ikut dalam acara bersih-bersih sungai dalam rangka Hari Bhakti TNI AD ini juga membersihkan sungai menggunakan perahu karet, bahkan ada yang sampai terjun langsung di kedalaman sungai.

KSAD Jenderal TNI Moeldoko yang hadir pada acara yang dipusatkan sekitar JMP (Jembatan Merah Plasa) Surabaya ini menyampaikan bahwa ada beberapa sasaran dalam kegiatan bersih-bersih serta beberapa kegiatan lain.

"Ada banyak kegiatan, termasuk karya bhakti pembersihan sungai, rehab tempat bersejarah, bhakti sosial pengobatan massal, pembagian sembako dan bazaar murah," kata jendral Moeldoko.

Disampaikannya, target dari kegiatan ini  tidak hanya digelar di Jawa Timur. Namun pada minggu berikutnya juga bakal dilakukan di wilayah lain di Indonesia.
  
Sementara Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan luar biasa.

Dengan kegiatan semacam ini, terlihat bagaimana cairnya hubungan antara masyarakat dengan pemimpinnya.

"Bagaimana kekuatan demokrasi ini didorong dan diarahkan oleh pemerintah hingga ketemu di suatu titik yang bisa menyatukan beberapa unsur ini," ujar Soekarwo.

Demikian halnya disampaikan Walikota Surabaya Tri Risma Harini.

Kota Surabaya yang dijadikan sebagai lokasi kegiatan, Risma dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memercayai kota Surabaya dan akan dilaksanakan secara rutin.

"Saya berharap sinergi antara pemerintah, TNI, Polri dan warga Surabaya seperti ini terus terjaga. Ini bisa jadi satu kesatuan bagi masyarakat Surabaya," ujar Walikota dalam acara tersebut.

Pantauan di lokasi, sejak pagi ribuan personel TNI dan warga Surabaya terbagi di beberapa titik dalam melakukan kegiatan bersih-bersih Kalimas Surabaya. Sebagian ada yang menggunakan perahu karet dan ada yang turun langsung berenang untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di Kalimas Surabaya.
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya