Kamis, 20 Juni 2013

Dandim 0619 Purwakarta: Jumlah Penduduk yang Besar Jadi Beban Pembangunan


Purwakarta,   Jumlah penduduk yang besar, apabila diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai, maka akan menjadi modal yang kuat untuk pembangunan. Namun jika tidak diimbangi dengan SDM yang kuat, maka akan menjadi beban masyarakat dalam pembangunan.

"Melalui komitmen yang kuat antara segenap jajaran pemerintah daerah, kecamatan dan Kodim 0619 Purwakarta Insya Allah permasalahan yang ada di masyarakat khususnya aspek kesehatan dan keluarga berencana dapat direduksi seoptimal mungkin," ujar Dandim 0619 Purwakarta Letkol Fauzi Kamil SIP pada pencanangan Bakti TNI KB Kes Terpadu, Rabu (19/6).

Menurut Fauzi Kamil, terlaksananya berbagai program dalam rangka memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat, baik melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) maupun Bakti TNI KB Kes Terpadu, bukan karena ingin menunjukkan bahwa Kodim 0619 Purwakarta banyak memiliki Indle Capasity.

Namun, lanjut Fauzi Kamil, benar-benar sebagai wujud komitmen dan panggilan moral Kodim 0619 Purwakarta dalam upaya turut meringankan beban social rakyat. Sebab sejatinya rakyat merupakan kekuatan inti TNI. Kecuali itu, upaya Kodim 0619 Purwakarta mendarmabaktikan diri demi terwujudnya masyarakat yang damai, sejahtera dan aman. Sesuai dengan makna yang diamanatkan Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004, sambung dia, bahwa dimasa damai TNI tidak saja sebagai kekuatan pertahanan yang dipersiapkan untuk menghadapi ancaman militer yang membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa Indonesia tetapi sebagai kekuatan untuk membantu pemerintah.

Ditambahkan Fauzi Kamil, pelaksanaan program Bakti TNI KB Kes Terpadu Kodim 0619 Purwakarta 2013 mengusung tema "Melalui Kerjasama BKB-PIA Dengan TNI, Kita Tingkatkan Kinerja Dan Partisipasi Masyarakat Untuk Mempercepat Pencapaian Sasaran Pembangunan Kependudukan Dan KB Tahun 2015."

Tema tersebut, paparnya, sangat relevan mengingat banyak Negara di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia yang telah berkomitmen menggapai target Millenium Development Goals (MDGs) sampai dengan batas waktu 2015 mendatang. Selain itu, sesuai dengan visi terbaru KB Nasional yakni Penduduk Seimbang Tahun 2015.

Sedangkan misinya, mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan serta mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. Sedangkan upaya mencapai penduduk tumbuh seimbang tahun 2015 tersebut, tentu saja perlu melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait khususnya yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Dengan demikian, tujuan yang ingin dicapai melalui sinergitas antara MDGs dengan Program KB Nasional tahun 2015 nanti khususnya dalam mewujudkan pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesehatan gender dan pemberdayaan perempuan serta menurunkan angka kematian anak juga meningkatkan kesehatan ibu, benar-benar dapat dicapai. (yan), Sumber Koran: Harian Pelita (20 Juni 2013/Kamis, Hal. 08)