Selasa, 11 Juni 2013

Pangdivif I Kostrad Buka Latihan Bersama Tentara Amerika


Senin, 10 Juni 2013 13:44:10 WIB

DEPOK (Pos Kota) – Latihan bersama prajurit Kostrad dengan US Army, yang tergabung dalam Exercise Garuda Shield ke 7, diresmikan dan dibuka oleh Panglima Divif 1 Kostrad, Mayjen TNI Daniel Ambad dengan Komandan Deputi tentara nasional US Army, Mayjen Hara Gara dan Dubes Amerika Serikat, Scot Marsir di Lapangan Divif-1/Kostrad Cilodong, Depok, Jakawa Barat, Senin (10/6) pagi.

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Scoot Marsir, mengatakan selain membentuk kerjasama tentara AS dan TNI AD. Tapi juga bisa mewujudkan pembangunan partnership dua negara dalam keamanan negara Pacific.

“Latihan Garuda Shield 2013 yang diadakan ke 7 kali dengan pertama diadakan setelah ada kerjasama Presiden AS Barack Obama dengan Presiden RI SBY di tahun 2010,bertujuan untuk menjaga keamanan negara di Asia Pacifik,”ujarnya.

Sementara  Pangdivif 1/Kostrad, Mayjen TNI Daniel Ambad, mengemukakan latihan interaktif dengan tentara AS ini selain bisa meningkatkan kemampuan berperang, juga sekaligus dapat membantu beberapa operasi bantuan negara dan pasukan perdamaian.

“Latihan akan dilakukan selama 10 hari, mulai latihan tanggal 10 Juni,”tuturnya.

Mayor Jend Hara Gara, Deputi Komandan tentara AS, menyebutkan pihaknya menurunkan sekitar 320 personil. Latihan Garuda yang telah diselenggarakan ke 7 ini, diharapkan bisa menjadi kegiatan latihan penting antara Amerika dengan Indonesia.

“Pencapaian latihan gabungan tidak hanya untuk sementara. Tapi kedepan TNI dengan tentara amerika bisa bermitra untuk menjaga keamanan kawasan Pacifik.”