Senin, 10 Juni 2013

Endriartono: Taufiq Kiemas Gigih Bangkitkan Kesadaran Bangsa

Minggu, 09 Juni 2013, 07:56 WIB 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto menyatakan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas adalah seorang negarawan yang gigih membangkitkan kesadaran kolektif bangsa terhadap pentingnya kebangsaan Indonesia.

"Beliau (Taufiq Kiemas) berkontribusi luar biasa kepada bangsa Indonesia dengan mengetengahkan kembali Pancasila dan UUD 1945, serta membawa kembali diskursus tentang nilai-nilainya," kata Endriartono Sutarto melalui surat elektronik, di Jakarta, Ahad (9/6).

Endriartono Sutarto menyampaikan pernyataan tersebut sebagai rasa empati terhadap Taufiq Kiemas yang wafat di Singapura pada Sabtu (8/6) pukul 19.00 waktu setempat atau jam 18.00 WIB.

Endriartono juga menyatakan, rasa duka yang mendalam atas wafatnya Taufiq Kiemas dan mendoakan semoga almarhum mendapat khusnul khotimah. "Pak Taufiq Kiemas adalah seorang politisi dengan rekam jejak panjang. Belakangan beliau bertransformasi menjadi seorang negarawan sejati," katanya.

Panglima TNI pada era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga menilai Taufiq Kiemas adalah politisi ulung. Beliau menampilkan cara berpolitik yang sangat dewasa dan patut diteladani," katanya.

Endriartono juga menilai, Taufiq Kiemas bergaul dengan segala kalangan, sangat mampu memisahkan hubungan pribadi dan urusan politik dan senantiasa menampilkan sikap sebagai seorang pemersatu.

"Sebagai politisi, sesekali beliau memancing kontroversi, tetapi di balik itu semua, ada keinginan beliau agar para elite negeri ini selalu bersatu meskipun adanya perbedaan pandangan dan sikap," katanya.

Pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, pada 29 April 1947 ini juga menilai, Taufiq Kiemas selalu berusaha keras untuk dapat menjembatani dan mencairkan perbedaan yang terjadi di antara elemen masyarakat.


Upaya Taufiq Kiemas tersebut, menurut dia, tentunya didorong oleh keinginan mewujudkan persatuan agar energi bangsa ini dapat dimaksimalkan dalam menangani permasalahan bersama sebagai bangsa.

Menurut Endriartono, tidak berlebihan jika dirinya mengatakan, Taufiq Kiemas telah tampil sebagai seorang negarawan yang gigih membangkitkan kesadaran kolektif bangsa Indonesia terhadap pentingnya kebangsaan Indonesia.

"Selamat jalan Pak Taufiq Kiemas, sikap hidupmu begitu anggun, bhaktimu sungguh sangat besar bagi bangsa ini. Semoga lapang jalanmu menuju ke haribaan Allah SWT dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin," kata Endriartono.
Redaktur : Fernan Rahadi
Sumber : Antara