Rabu, 12 Juni 2013

Dandim Purwakarta : BSMSS Wujud Kepedulian Kepada Masyarakat


Purwakarta,   Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), merupakan salah satu wujud kepedu­lian partisipasi aparat pemerintah, TNI dan Pemkab Purwakarta dalam upaya membantu mem­percepat program pembangunan yang dilaksa­nakan oleh pemerintah daerah yang dirancang dalam sebuah program dengan tujuan untuk ke­pentingan masyarakat.

"Dengan dibangunnya jalan penghubung ini, masyarakat bisa terbantu baik dari segi sara­na maupun dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Dan­dim 0619 Purwakarta Letkol ARM Fauzi Kamil SIP pada penutupan kegiatan Bakti Siliwangi Manung­gal Satata Sariksa tahun 2013 di Desa Maracang Kecamatan Babakan Cikao, Selasa (11/6).

Menurut Fauzi Kamil, BSMSS telah menjadi saksi nyata ba­gaimana kemanunggalan TNI dan masyarakat bisa dijadikan inspi­rasi. Karenanya diharapkan, dengan terbangunnya jalan sepan­jang 2.850 meter dengan lebar 9 meter ini bisa menunjang se­luruh kegiatan masyarakat baik dalam sarana penunjang tran­sportasi maupun dalam pereko­nomian.

BSMSS sendiri, lanjut Fauzi Kamil, merupakan program ta­hunan kerjasama antara Pemkab Purwakarta dengan Kodim 0619 Purwakarta, yang memfokuskan pada pembangunan infrastruk­tur seperti jalan trasportasi dan saluran air. Kegiatan BSMSS kali ini membangun jalan yang menghubungkan Jalan Desa Mara­cang dengan Desa Kadumekar.

Sedangkan pengerjaan jalan yang nantinya bisa menghubung­kan antara Purwakarta - Bogor tersebut, sambung dia, dikerja­kan dalam waktu selama 14 hari, yang dimulai sejak 29 Mei hingga 11 Juni 2013. Dan ini merupa­kan tindaklanjut dari selesainya jembatan penghubung di kedua desa sekaligus dua kecamatan oleh Pemkab Purwakarta.

Sementara Wakil Bupati Pur­wakarta Drs Dadan Koswara yang hadir mewakili Bupati H Dedi Mulyadi SH mengatakan, bahwa kerja sama antara TNI, masyarakat dan pemerintah ka­bupaten harus terus dilanjutkan dan tidak hanya satu kali namun kerjasama ini terus terjalin. Kare­na, manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Kerja sama TNI dengan ma­syarakat serta pemerintah dae­rah ini, papar Dadan Koswara, juga bertujuan untuk memper­cepat dan mengefesiesikan pro­gram pembangunan di Purwa­karta. Sehingga, sinergitas dan kemanunggalan antara elemen bisa terlaksana dan bisa berman­faat bagi kesejahteraan masyara­kat.

Penutupan BSMSS tahun 2013 tersebut, dirangkaikan de­ngan penandatanganan prasas­ti dan pemberian bantuan kepa­da tokoh masyarakat Desa Ma­racang maupun Desa Kadume­kar berupa bantuan pembangu­nan jalan lingkungan Pos Kamling, alat olahraga dan sara­na serta fasilitas tempat ibadah. Sedangkan jalan yang dibangun oleh BSMMS dinamai Jalan Abah Mustofa. (yan), Sumber Koran: Harian Pelita (12 Juni 2013/Rabu, Hal. 08)