Jumat, 14 Juni 2013

2013, Wagubri Targetkan 3000 Akseptor KB



Jum’at, 14 Juni 2013 15:48
Riauterkini-DUMAI - Wakil Gubernur Riau, H Raja Mambang Mit mengatakan, bahwa saat ini pemerintah Provinsi Riau menargetkan sebanyak 3000 Akseptor atau peserta Keluarga Berencana (KB) pada tahun 2013. Hal itu disampaikan pada acara Pencanangan Bhakti Sosial (Baksos) TNI KB-Kes Tingkat Provinsi Riau Tahun 2013 di Kota Dumai, beberapa hari lalu.

"Melalui kegiatan pencananggan Baksos TNI-KB Kes Tingkat Provinsi Riau tahun 2013 diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan partisipasi masyarakat untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana Tahun 2015. Dan untuk tahun ini sendiri kita targetkan sebanyak 3000 peserta KB," ungkap orang nomor dua di Provinsi Riau ini.

Menurut Mambang Mit, pada dasarnya kegiatan ini adalah membangun harmoni serta menyelaraskan visi dan persepsi dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan KB dan Kesehatan yang berkualitas hendaknya semua yang terlibat dalam Bhakti TNI KB-Kesehatan utntuk terus fokus pada tujuan meningkatkan sinergritas internal dan ekseternal.

"Melalui kegiatan TNI Manunggal KB-Kesehatan Kota Dumai Tahun 2013 menargetkan 3.216 akseptor baru dengan mengusung selogan “Dua Anak Cukup” melalui selogan itu Wagub mengajak seluruh elemen masyarakay terus berjuang untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk menuju keluarga sejahtera," jelasnya.

Selain itu, melalui TNI Manunggal KB-Kes ini juga diharapkan mampu menggerakan partisipasi baik dari unsur instansi pemerintah, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, swasta maupun institusi dalam masyarakat baik dari tingkat provinsi sampai dengan desa/kelurahan, dalam upaya menggapai keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan program KB dan Kesehatan, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di Porvinsi Riau.

Kemudian Walikota Dumai H. Khairul Anwar mengatakan, Program Keluarga Berencana Nasional merupakan program pelayanan dasar yang mempunyai kontribusi yang sangat berarti bagi pembangunan Sumber Daya Manusia. Dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat untuk mensukseskan program KB dengan cara mengatur usia perkawinan, mengatur jarak kelahiran untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna terwujudnya keluarga kecil bahagia.

"Sejauh ini, program Keluarga Berencana yang telah dijalankan pemerintah memang telah memberikan dampak yang signifikan dalam mencapai cita-cita untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Termasuk melalui kegiatan Pencanangan Program Bahkti Sosial TNI KB Kes-Kesehatan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2013," urainya.

Pemerintah Kota Dumai, kata Wako tetap komitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial masyarakat serta membangun keluarga berkualitas tahun 2015 melalui bidang kesehatan dan program KB Nasional. Dalam pencanangan Bhaksos ini selain dilaksanakan Pelayanan KB dan Kesehatan Gratis juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada para pelaku dan motivator KB dan Kelompok Kegiatan BKB dan UPPKS di Riau dan Dumai khususnya. (had)