Kamis, 20 Juni 2013

Sidang Kasus Cebongan Dibuka untuk Umum, TNI Siap Amankan


Rabu, 19/06/2013 12:53 WIB
Angling Adhitya Purbaya - detikNews

Semarang - TNI mempersiapkan sidang perdana kasus Cebongan yang akan digelar hari Kamis (19/6/2013) besok di Pengadilan Militer Yogyakarta. Persiapan tersebut terkait dengan pengamanan dan pelaksanaan sidang yang akan dibuka untuk umum.

Kapendam IV Diponegoro Kolonel Arh Ramses Lumban Tobing langsung berangkat ke Yogyakarta setelah melakukan serah terima jabatan menggantikan Kapendam lama Kolonel Inf Widodo Raharjo. Ia meninggalkan upacara pelepasan untuk mempersiapkan sidang di Yogyakarta.

"Ini saya langsung ke sana. Saya sendiri yang ke sana," kata Kolonel Arh Ramses saat hendak meninggalkan Balai Diponegoro, Jl Perintis Kemerdekaan Semarang, Rabu (19/6/2013).

Meski demikian, ia belum bisa memastikan pengamanan seperti apa yang akan dikerahkan dalam persidangan besok. Terkait rencana pemasangan layar lebar yang akan menampilkan proses persidangan, Kapendam juga belum mengetahuinya.

"Sudah ada aturan main untuk pengamanan. Untuk prosesnya gimana saya belum tahu. Harapannya sidang berjalan lancar," tandasnya.

Sejak bulan Mei lalu, 12 tersangka, berkas perkara dan barang bukti kasus Cebongan sudah dilimpahkan ke Oditur Militer II-11 Yogyakarta. (alg/try)