Selasa, 18 Juni 2013

Mantan Panglima TNI: Tiap Muslim harus Berjihad


Senin, 17 Juni 2013            

Hidayatullah.com -- Jihad berarti berjuang di jalan Allah Subhanahu Wata'ala. Untuk mendapat kebaikan dunia dan akhirat, setiap Muslim diharuskan untuk melaksanakan jihad. Hal ini ditegaskan oleh Jenderal TNI (Purn) H Djoko Santoso, Panglima TNI pada 2007-2010.

Pernyataan ini disampaikan Djoko Santoso di hadapan sekitar seribu orang yang menghadiri acara Tasyakuran Nasional Hari Lahir Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ke-23 di Jakarta Convention Center, Ahad malam (16/06/2013).

Djoko yang juga Ketua Dewan Pembina IPHI mengatakan bahwa jihad itu milik Muslim. Pria yang pernah menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan (Pangkoopslihkam) 2002-2003 di Maluku dan Maluku Utara kemudian membaca terjemahan al-Qur’an surat At-Taubah ayat 88:

“Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, (mereka) berjihad dengan harta dan jiwa. Mereka itu memperoleh kebaikan. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Dengan nada penuh semangat seraya mengangkat tangan dengan tangan mengepal, Djoko berteriak, “Maukah saudara-saudari berjihad untuk bangsa dan negara? Kalau Anda semua sungguh-sungguh ingin berjihad, mari semua berdiri dan berteriak Allahu Akbar.”

Sontak seluruh undangan yang hadir dari berbagai pengurus daerah se-Indonesia itu berdiri dan memekikkan, “Allahu Akbar…Allahu Akbar..Allahu Akbar.”

Di akhri sambutannya, Djoko meminta untuk membuktikan semangat jihad tadi. “Mari kita buktikan jihad kita dengan mengisi dakwah bil hal,” pungkas Djoko.

Rep: Ahmad Damanik
Red: Cholis Akbar