Jumat, 14 Juni 2013

700 Taruna akademi TNI dan Polri BEB Di Koarmatim

Editor: Agus Irawan | Kamis, 13 Juni 2013 03:58 WIB, 2 hari yang lalu

LENSAINDONESIA.COM : Sebanyak 700 Taruna tingkat satu Akademi TNI dan Polri,  menerima pembekalan dari Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., Mhum.Kegiatan ini dalam rangka Bhineka Eka Bakti Taruna tahun2013.

Acara tersebut dihadiri para asisten dan komandan satuan kapal dijajaran komando armada RI untuk Kawasan Timur (Koarmatim).Selama berada di Koarmatim, parataruna juga diputarkan beberapa film sekilas tentang profile Koarmatim. Mereka juga dikenalkan berbagai  alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI Angkatan Laut. 700 taruna akademi TNI  dan Polri ini terdiri dari,  Taruna Akmil 212 orang, Kadet Angkatan Laut 89orang, Karbol angkatan udara 100 orang dan taruna Polri sebanyak 299 orang.

Rombongan tersebut, dipimpin oleh Kolonel Marinir Gatot Riswanto selaku Komandan Resimen Candradimuka (Danmen) dibantu 45 pendamping taruna yang terdiri dari semua matra. Bahkan pada kesempatan tersebut, para taruna juga bisa melihat pameran Alutsista  TNI Angkatan Laut yang digelar di sepanjang dermaga Koarmatim. Selain itu, tidak ketinggalan, para taruna juga diberi kesempatan untuk mengunjungi Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya).

Para taruna jugaon board di beberapa Kapal perang RI (KRI) diantara lain di KRI, adalah Dewaruci dan KRISultan Iskandar Muda-367. Di KRIDewaruci  diperkenalkan tentang kebudayaan bangsa Indonesia yang telah terkenal sampai ke luar negeri, sedangkan di KRI. Sultan Iskandar Muda-367 diperkenalkan tentang sistem persenjataan.

Seperti diketahui, sebelumnya, para taruna tersebut juga telah berkunjung di akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta. Masih dalam satu rangkaian kegiatan Bhineka Eka Bakti, selnjutnya para taruna akan berkunjung ke Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang melalui jalur laut dengan menggunakan KriSurabaya-591.

Dalam pengarahannya,  Pangarmatim mengatakan,  bahwa Latihan Bhineka Eka Bakti ini sangat memberi aspek positif, yaitu untuk kebersamaan atara TNI dan POLRI sehingga dapat terjalin kerjasama dalam melaksanakan  tugas negara ke depan. Pasalnya pembekalan tersebut, dijelaskan tentang tugas pokok Koarmatim dan struktur organisasi Koarmatim.

Disamping itu juga diberikan tentang wawasan keamanan di laut dan penegakan hukum di laut. Pada akhir pembekalan,  beberapa perwakilan taruna diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar pertahanan di laut. @Dispenarmatim