Kamis, 28 Februari 2013

Polri Buru 2 Anggota OPM Pelaku Penembakan di Papua

Fiddy Anggriawan - Okezone
Rabu, 27 Februari 2013 10:21 wib

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia telah melakukan penggerebekan dan pengejaran terhadap anggota Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) berinisial DY dan SY.Mereka diduga sebagai tersangka penembakan ojek-ojek di Kabupaten Paniai, Papua.Berdasarkan informasi yang disitat dari situs resmi Polri, Rabu (27/2/2013), penggejaran kepada keduanya dilakukan pada Senin, 25 Februari lalu.Pengejaran difokuskan di sekitar Gunung Bobairo, Kampung Ugibutu, Distrik Paniai Timur.

Kegiatan penggerebekan sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Paniai AKBP Semmy Ronny TH Abba dengan melibatkan anggota Polres Paniai, Satpor II Brimob Mabes Polri, Anggota Brimob daerah Papua, Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polres Paniai dan unsur TNI.

Penggerebekan ini diawali adanya informasi bahwa kedua anggota kelompok TPN/OPM sedang berada di sebuah rumah di pinggir kaki Gunung Bobairo.Namun, penggerebekan tersebut tampaknya sudah diketahui oleh kedua anggota TPN/OPM tersebut.

Keduanya, diketahui langsung lari menyelamatkan diri ke arah Gunung Bobairo dan menembaki anggota dari atas ketinggian.Sehingga terjadi kontak senjata dari atas ketinggian Gunung Bobairo.

Dalam pengejaran dan penyisiran, ditemukan dua orang, yakni Alfon Gobay dan Pen Gobay. Setelah dilakukan penggeledahan pada tas noken yang dibawa Alfon Gobay, ditemukan satu unit HT Motorola lengkap dengan charge, satu butir amunisi SMR dan satu buah HP Nokia dengan dua buah sim card, serta dua tanda pengenal.Kemudian, dari Pen Gobay ditemukan Kartu Tanda Pengenal, serta satu tas ransel warna hitam dan satu selempang dan anyaman dengan motif Bintang Kejora.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan informasi detail dilapangan. "Kami akan meminta keterangan lebih lanjut terkait informasi tersebut.Kalau sudah dapat akan saya sampaikan," jelas Agus kepada Okezone. Sumber: www.okezonenews.com