Kamis, 21 Februari 2013

Tunjangan Pendidikan Mahasiswa Beasiswa TNI Naik

Tribunnews.com - Rabu, 20 Februari 2013 16:33 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mulai 1 Maret  2013, mahasiswa beasiswa TNI tahun anggaran 2012 yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus, akan mendapat tunjangan pendidikan sebesar Rp 1 juta. 

"Tunjangan pendidikan naik, dari Rp 750 ribu setiap bulan, menjadi Rp 1 juta," ujar Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda Bambang Wahyudi, saat memberikan pembekalan kepada 43 mahasiswa yang akan ikut seleksi tingkat pusat penerimaan calon mahasiswa beasiswa TNI, yang akan diarahkan menjadi calon perwira prajurit karier (Pa PK) TNI di Skadron Pendidikan (Skadik) 302 Wing Pendidikan Teknik dan Perbekalan (Wingdiktekal) Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/2/2013).

Tunjangan, lanjutnya, akan diberikan sampai menjadi sarjana, atau dengan batas maksimal empat tahun bagi jurusan/program studi dokter umum, dokter gigi, dokter hewan, apoteker, psikolog (menempuh profesi), serta tiga tahun untuk S1.Seleksi tingkat pusat penerimaan calon mahasiswa beasiswa TNI, akan digelar selama dua minggu, 19 Februari 2013-1 Maret 2012.

Para peserta akan menjalani berbagai seleksi, dengan materi ujian seperti pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan umum dan jiwa, pemeriksaan psikologi, pemeriksaan mental ideologi, pengujian kesamaptaan jasmani, postur, dan  renang.

“Selain mendapat tunjangan pendidikan, mahasiswa beasiswa TNI juga mendapatkan bantuan uang skripsi sebesar Rp 2 juta, yang diberikan sekali saat menyusun skripsi," jelas Bambang, dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Rabu.Hasil pemeriksaan psikologi akan digunakan sebagai dasar menentukan matra. Sedangkan matra yang dipilih akan digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Para mahasiswa beasiswa TNI yang telah lulus kuliah, harus melapor ke satuan pembina, untuk disampaikan ke satuan atas, dan dipanggil mengikuti pendidikan pertama calon perwira TNI. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, harus sanggup tidak menikah selama berstatus mahasiswa beasiswa TNI.Khusus wanita, harus tetap menjaga kehormatannya.

Bila ketentuan dilanggar, mahasiswa yang dinyatakan lulus, akan diberhentikan dari program mahasiswa beasiswa TNI calon Pa PK. Peserta juga wajib mengembalikan 10 kali lipat dari seluruh biaya yang telah dikeluarkan negara.

Mahasiswa beasiswa TNI TA 2012 dari seluruh Indonesia yang sudah mendaftar, ada 101 orang. Setelah diperiksa dan diuji di tingkat daerah, yang dinyatakan lulus dan dipanggil untuk ikut seleksi tingkat pusat hanya 44 orang. Rinciannya, 36 pria dan delapan wanita.

Dari 44 orang yang dinyatakan lulus, ada satu orang yang mengundurkan diri.Jadi, total peserta yang mengikuti seleksi tingkat pusat calon mahasiswa beasiswa TNI hanya 43 orang. (*) Sumber: www.tribunnews.com