Kamis, 28 Februari 2013

Anggota Komnas HAM Natalius Pigai Minta Maaf ke Panglima TNI

Rabu, 27/02/2013 10:55 WIB
Danu Damarjati - detikNews

Jakarta - Komisioner Komnas HAM Bidang Pemantauan dan Pelanggaran HAM, Natalius Pigai, mendatangi Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Pigai menemui Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono untuk meminta maaf terkait pernyataan kontroversialnya mengenai penembakan di Papua. "Saya secara gentlement menyampaikan mohon maaf kepada Panglima TNI karena momentum saya waktu itu tidak tepat," ungkap Pigai usai pertemuan tertutup dengan Panglima TNI, Rabu (27/2/2013).

Momentum yang tak tepat yang dimaksud Pigai adalah saat keluarga besar TNI sedang berduka. Pigai tampak berkemeja batik merah didampingi Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul. Iskandar menyatakan bahwa Panglima TNI sudah memaafkan ucapan tak pantas dari anggota Komnas HAM asal Papua itu. "Panglima TNI tadi menyampaikan, kita manusia biasa, tentunya punya kesalahan. Dan supaya tidak diulangi, kita sesama manusia harus hati-hati dalam berucap," sambung Iskandar.

Soal tuntutan pihak TNI agar Pigai meminta maaf lewat media massa dari Sabang sampai Merauke, Pigai menanggapi dengan penegasan bahwa Panglima TNI sudah menerima permohonan maafnya. Usai Pigai berlalu meninggalkan lokasi, Iskandar menyatakan Komnas HAM akan segera mengadakan konferensi pers terkait pemohonan maaf Pigai. "Nanti mereka membuat konferensi pers sendiri," kata Iskandar.

Sebelumnya diberitakan, Natalius menyampaikan pendapatnya dalam diskusi 'DPRD Papua Desak Dialog Jakarta-Papua Dilaksanakan' di Gedung DPR,Jumat (22/2/2013). Dirinya berkata bahwa tragedi yang menewaskan delapan anggota TNI dan 4 warga sipil di Papua tidak melanggar HAM. (dnu/nrl) Sumber: www.detiknews.com