Jumat, 22 Februari 2013

Ekspedisi NKRI di Sulawesi, TNI akan Bangun 5 Jembatan Penghubung Antar Desa



Kamis, 21/02/2013 19:00 WIB

Jakarta - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD menggelar Ekspedisi NKRI 2013 menjelajah Pulau Sulawesi. Dalam ekspedisi itu, TNI akan membangun 5 jembatan penghubung antar desa.

"Nanti dalam kegiatan Ekspedisi NKRI, TNI dan Polri akan membangun lima jembatan gantung dengan kemampuan dapat bertahan 25 tahun," ujar Danjen Kopasus, Mayjen TNI Agus Sutomo, usai pembukaan pelatihan Ekspedisi NKRI 2013, di Markas Pelatihan Kopassus Situ Lembang, Jawa Barat, Kamis (21/2/2013).

Menurutnya, ada lima titik yang akan dibangun jembatan yaitu di daerah Tana Toraja, Mamuju, Sigi, Bone, dan Sangihe. Namun dia belum dapat memastikan tepatnya di desa mana jembatan-jembatan itu akan dibangun.

"Dengan adanya jembatan ini pasti kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, misal selama ini mereka tidak bisa menjual hasil pertaniannya karena jarak yang ditempuh sangat jauh, sehingga hasil pertanian mereka membusuk, dengan adanya jembatan penghubung diharapkan pendapatan daerah bisa meningkat sehingga meminimalisir terjadi konflik," jelasnya.

Agus juga mengatakan jika pembangunan jembatan penghubung tersebut akan melibatkan partisipasi masyarakat setempat. "Jadi pemasangan jembatan seperti knock down (bongkar pasang) sehingga dapat dipasang dalam waktu 4 jam," tandasnya. Sumber : detiknews.com