Selasa, 21 Mei 2013

Ditanya KSAD Baru akan Jadi Panglima TNI, Pramono: Bisa ya, Bisa Tidak



Senin, 20/05/2013 16:27 WIB

Jakarta - Panglima TNI Agus Suhartono akan memasuki masa pensiun pada Agustus 2013 mendatang. Siapakah pengganti Agus nanti? Yang jelas pengganti Agus adalah harus bintang empat yang menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Saat ini tiga kepala staf yang sedang menjabat adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Marsetyo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsdya TNI Ida Bagus Putu Dunia dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen Moeldoko.

Jika menengok kebelakang, panglima TNI biasanya dipimpin bergantian oleh masing-masing kepala staf angkatan. Tiga Panglima TNI terakhir berturut-turut yakni Marsekal Djoko Suyanto (2004-2007) berasal dari TNI AU, Jenderal Djoko Santoso (2007-2010) berasal dari TNI AD dan terakhir Laksamana Agus Suhartono (2010-2013) berasal dari TNI AL.

Nah, urutan ini menjadi sebuah kebiasan seperti piala bergilir. Sehingga kuat dugaan pengganti Agus mendatang adalah dari kalangan TNI AU. Tapi kabarnya, Presiden SBY akan memilih Panglima TNI dari kalangan TNI AD yakni KSAD Letjen Moeldoko.

Jenderal Pramono Edhie yang dikonfirmasi soal ini enggan berkomentar. Namun dia memberi isyarat hal itu mungkin saja bisa terjadi. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada presiden.

"Saya nggak bisa menjawab, tanyakan pada Presiden. Bisa iya bisa tidak, persyaratannya menjadi panglima TNI itu harus dari mantan Kepala Staf Angkatan. Jadi darat, laut, udara punya hak yang sama, tinggal yang menentukan presiden," jawabnya.

Pramono yakin Letjen Moeldoko mampu meneruskan kepemimpinan yang baik di TNI AD. Bahkan jauh lebih baik saat dirinya memimpin. "Saya yakin Pak Moeldoko bisa melanjutkan bahkan lebih baik. Kenapa demikian, saya dengan beliau ini pernah bersama-sama pendidikan. Seluruh TNI AD saya harap dukung penuh kepemimpinan yang akan datang karena itu yang menjadikan TNI yang lebh baik dan lebih profesional," tutupnya. Sumber : www.detik.com