Selasa, 28 Mei 2013

Pangdam VI Mulawarman Kunjungi Wilayah Operasi Total E&P

Senin, 27 Mei 2013 | 22:02 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman, Mayjen TNI Dicky Wainal Usman, mengunjungi wilayah operasi perusahaan migas Total E&P Indonesia di lapangan Senipah-Peciko-South Mahakam, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin (27/5/2013).

Kunjungan itu untuk melihat dari dekat operasi pengeboran, dan mengetahui hambatan-hambatan nonteknis di wilayah operasi. Selain melihat kegiatan di lapangan Senipah-Peciko-South Mahakam (SPS), Pangdam juga melihat aktivitas di Rig Raniworo. Pangdam juga memberi pengarahan kepada karyawan Total E&P, mengenai pilar-pilar kebangsaan.

Dalam jumpa pers di Hotel Hakaya Plaza Balikpapan, usai kegiatan itu, Senin sore, pangdam mengatakan, operasi kerja kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) adalah asset negara yang bermanfaat. Pihaknya perlu menyiapkan sistem cegah dini mengantisipasi hal-hal yang membahayakan. Aktivitas eksplorasi dan eksploitasi migas, menurut Pangdam menjadi fokus agar ketahanan energi nasional dapat terjaga.

Hardy Pramono, Executive Vice President Operations and East Kalimantan District Manager Total E&P Indonesia, mengutarakan, beberapa pekerjaan di lapangan migas memerlukan pengamanan oleh polisi dan TNI.


Sementara Ngatijan, Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas ) Kalimantan dan Sulawesi, mengatakan, koordinasi perlu dilakukan untuk melancarkan kegiatan operasional di lapangan.