Jumat, 24 Mei 2013

Akankah Kapolri Baru Juga Angkatan 81?



Peluang Kabareskrim Mabes Polri Komjen Sutarman untuk men­jabat sebagai Kapolri meng­gantikan Jenderal Timur Pradopo pada pertengahan tahun ini diperkirakan se­makin terbuka lebar.

Ini setelah Presiden Su­silo Bambang Yudhoyono resmi melantik Wakil Ke­pala Staf TNI AD Letjen TNI Moeldoko menjadi Ke­pala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Pasalnya Sutarman me­rupakan satu-satunya ang­gota Polri rekan seangkatan Moeldoko yang lulus ta­hun 1981 yang telah menjabat bintang tiga.

Apalagi saat ini lulusan angkatan 81 sedang "di atas angin". Selain Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Marsetio dan Kepala Staf Angkat­an Udara (Kasau) Marsekal Ida Bagus Putu yang dilan­tik presiden pada Desember lalu juga angkatan 81.

Bah­kan bila Moeldoko adalah lulusan Akademi Milter ter­baik 81 maka Marsetio ada­lah lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut 81. Artinya Kasad, Kasau, dan Kasal sudah berada pada tangan lulusan 81.

Akankah Kapolri men­datang berasal pada angkatan 81 juga?

"Ya itu hak prerogratif pak presiden yang memilih calon Kapolri dan mengaju­kannya ke DPR. Tapi arah anginnya ke 81, ya tentu Polri juga akan ajukan Pak Tarman," kata seorang pe­tinggi Polri saat berbicang dengan Beritasatu.com di Jakarta, Rabu (22/5).

Namun sumber itu eng­gan menjawab apakah Sutarman akan diajukan sebagai calon tunggal dari Polri, apakah ada nama lain sehingga presiden bisa memilih.

"Kalau kepastiannya tunggu nanti toh jajaran Komjen Polri akan berubah karena Wakapolri (Komjen Nanan Soekarna) akan pen­siun Juli ini," sambungnya.

Lulusan polisi angkatan 81 terbaik sebenarnya bu­kan Sutarman melainkan Mathius Salempang. Hanya saja Mathius telah lebih du­lu pensiun dengan jabatan terakhir Irjen bintang dua. Hanya saja Sutarman tak pernah mau kalau ditanya soal kansnya sebagai Ka­polri. "Saya bekerja sebagai Kabareskrim membantu bapak Kapolri. Itu jabatan saya," katanya berulang ­kali saat disinggung soal peluangnya menjadi orang nomor satu di korps baju coklat.

Selain Sutarman nama-nama lain yang juga kerap disebut-sebut di lingkungan Polri dipersiapkan sebagai kandidat pengganti Timur adalah Asops Polri Irjen Badrodin Haiti yang meru­pakan lulusan terbaik Akpol 82 dan Kepala BNN Kom­jen Anang Iskandar yang juga lulusan Akpol 82. Sumber : Suara Pembaharuan (23 Mei 2013, Hal 6)