Senin, 27 Mei 2013

Kodim 0616 Indramayu Layak Masuk Nominasi Terbaik



Jumat, 24/05/2013 - 15:17

INDRAMAYU, (PRLM),- Dalam kunjungannya ke-Makodim 0616 Indramayu, ketua tim penilai lomba pembinaan teritorial (Binter) tingkat pusat, Kol. ARM. Bambang Sungesti dari pusat teritorial angkatan darat (Pusterad) Mabes TNI didampingi Pasi Bakti Makorem 063/SGJ, Mayor ARM Sukirja menilai Kodim 0616 Indramayu layak untuk masuk nominasi terbaik lomba Binter tingkat pusat tahun 2013.

Bambang Sungesti mengatakan, lomba Binter merupakan agenda rutin dua tahunan pihak Mabes TNI yang diikuti para Komando Daerah Militer (Kodam) se-Indonesia, Makodim 0616 Indramayu selaku Kodim yang mewakili Korem 063/SGJ dinilai sangat layak untuk masuk sebagai nominasi terbaik juara lomba Binter tahun 2013. “Penilaian itu, setelah melakukan kunjungan dan melihat secara langsung sistem administrasi yang diterapkan jajaran Makodim 0616 Indramayu yang cukup baik," ujarnya.

Penilaian lain, dari segi hubungan dengan pihak pemerintah daerah (pemda), antar instansi, unsur muspida, muspika maupun lintas sektoral dan elemen masyarakat cukup baik yang dilakukan pihak Kodim 0616 Indramayu.

Hal itu, dapat dilihat dari hasil kunjungannya kebeberapa unsur muspida maupun mitra binaan Kodim 0616 itu sendiri. Yakni, melihat secara langsung pembuatan kerajinan selongsong Basmikus 66 PS di tempat Ketua I Pestani Jabar dan Banten, H.Sutanto di Desa Lobener Kec.Jatibarang. “Apabila dilihat dari hasil kunjungan itu, maka kami optimis Kodim 0616 Indramayu memiliki harapan untuk menjadi juara dalam lomba Binter tahun 2013 ini,”tegasnya.

Bambang juga berharap, mitra binaan Kodim 0616 Indramayu dalam hal ini Petani yang memproduk Basmikus mapun pihak muspika untuk terus memantau perkembangan hasil panen padi diwilayahnya sebagai bahan laporan ke Mabes TNI nantinya, sebab peran Basmikus dinilai cukup membantu dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional.

“Dengan demikian, hama tikus yang selama ini menjadi kendala bagi para petani perlahan akan bekurang oleh produk Basmikus,”imbaunya.

Camat Jatibarang, Jajang Sudradjat menyatakan, produk Basmikus yang telah memasuki pangsa pasar skala nasional merupakan kebanggaan masyarakat khusunya Kec.Jatibarang dan pada umumnya masyarakat Kab.Indramayu yang harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan, karena tenaga kerjanya melibatkan masyarakat luas yang dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

“Produk Basmikus 66 PS, selain mampu ikut membantu mendongkrak perekonomian keluarga juga diyakini dapat membawa nama baik daerah ke jenjang tingkat nasional,” urainya.

Stigma sebagian masyarakat Kec.Jatibarang yang selama ini cukup melekat dengan julukan sebagai penghasil petasan, perlahan stigma itu akan berkurang dengan munculnya para pengrajin selongsong Basmikus di setiap rumah warga (home industri).

“Kami berharap, khususnya masyarakat Kec.Jatibarang agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Karena, produk Basmikus memiliki market yang jelas,” pungkasnya. Sumber : www.pikiran-rakyat.com